MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN BATANG


MISKIYAH, 6102914006 (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN BOLA KASTI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penulisan skripsi ini salah satunya adalah tidak tuntasnya hasil belajar servis bawah pada siswa Kelas V SDN Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang, karena nilai siswa yang masih dibawah KKM yaitu 75. Berdasarkan uraian dilatar belakang masalah, maka dapat dirumuskan sebagai berikut : Apakah Melalui Permainan Bola Kasti dapat meningkatkan hasil belajar Servis Bawah Siswa Kelas V SD Negeri Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang?. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan servis bawah melalui permainan bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, penelitian ini terdiri dari dua siklus, tiap siklus menunjukkan perkembangan proses pembelajaran pendidikan jasmani pada materi servis bawah bola voli. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V semester 2 SD Negeri Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang yang berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah hasil belajar servis bawah melalui ii iii permainan bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri Bismo. Waktu penelitian pada siklus pertama dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Maret 2016 dan penelitian siklus ke dua pada hari rabu tanggal 23 Maret 2016. Penelitian ini dilaksanakan dihalaman sekolah SDN Bismo Desa Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode tes dan observasi, metode dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan RPP dan lembar evaluasi. Penulis dalam melakukan penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua jenis data, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran Servis Bawah melalui Permainan Bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang tahun pelajaran 2015/2016 mengalami peningkatan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 73,67% dan pada siklus II hasil belajar meningkat 12,53% mencapai 86,2%. Simpulan yang dapat diambil bahwa pembelajaran melalui permainan bola kasti dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah pada siswa kelas V SDN Bismo Kecamatan Blado Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2015/2016. Di sarankan apabila ingin meningkatkan hasil pembelajaran servis bawah, maka salah satu solusinya dapat menggunakan metode permainan bola kasti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Servis Bawah, Permaianan Bola Kasti
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:03
Last Modified: 02 Nov 2017 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27109

Actions (login required)

View Item View Item