PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELUNCUR PADA MATERI RENANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN BOLA WARNA BAGI SISWA KELAS IV SD N 2 BANYUURIP NGAMPEL KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016


Reza Prastiwi Sumiatsih , 6102914005 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELUNCUR PADA MATERI RENANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN BOLA WARNA BAGI SISWA KELAS IV SD N 2 BANYUURIP NGAMPEL KABUPATEN KENDAL TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripisikan materi dalam pembelajaran renang; (2) untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran renang; (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar meluncur di SD N 2 Banyuurip Ngampel Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini semua siswa di SD N 2 Banyuurip, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Banyuurip. Dari hasil observasi yang telah dilakukan peneliti, pada siklus I dan siklus II sudah mencapai ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 75% dari siswa mencapai ketuntasan. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 75%, yang belum tuntas sebanyak 5 siswa atau 25%. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 90%, sedangkan yang belum tuntas ada 2 siswa atau 10%. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Meluncur Pada Materi Renang Dengan Menggunakan Metode Permainan Bola Warna Bagi Siswa Kelas IV SD N 2 Banyuurip Ngampel Kabupaten Kendal Tahun 2016”. Saran yang di samapaikan dalam penelitian ini : (1) Diharapkan adanya penelitian-penelitian selanjutnya tentang peningkatan hasil belajar meluncur pada materi renang sehingga dapat menambah khasanah pengetahuan dan jumlah penelitian yang terkait pada institusi pendidikan atau sejenisnya; (2) Diharapkan bagi para guru olahraga dapat memberikan metode yang tepat dan penyusunan program kegiatan yang rutin; (3) Bagi para siswa agar dapat mengembangkan kemampuan masing-masing individu; (4) Variasi metode latihan sangat diperlukan dalam menunjang prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: meluncur, renang, metode, permainan bola warna
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 18:00
Last Modified: 02 Nov 2017 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27108

Actions (login required)

View Item View Item