PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN WINNER FRONT AND BACK PADA SISWA KELAS V DI MI RIFAIYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016


MUHAMAD ANAS , 6102914004 (2016) PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN WINNER FRONT AND BACK PADA SISWA KELAS V DI MI RIFAIYAH LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102914004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran pendidikan jasmani materi atletik lompat jauh pada siswa kelas V MI Rifaiyah Limpung tidak berjalan secara efektif, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Sarana yang kurang memadai rendahnya teknik yang dikuasai menyebabkan siswa kurang termotivasi semangat dalam belajar, akibatnya siswa kurang terampil dalam melakukan lompat jauh. Dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dikelas V MI Rifaiyah Limpung adalah masih rendahnya kemampuan melompat siswa dalam olahraga cabang atletik nomor Lompat. Permasalahan ini menjadi landasan dalam penelitian untuk meningkatkan kemampuan melompat siswa. Dalam penelitian ini peneliti (guru) menggunakan permainan winner front and back. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui permainan tersebut bagi siswa kelas V MI Rifaiyah Limpung tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dalam pelaksanaan terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan penelitian dilakukan dua kali pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Rifaiyah Limpung yang berjumlah 32 siswa yang terdiri 13 siswa putri dan 19 siswa putra. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes ,unjuk kerja siswa, lembar pengamatan, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari jumlah 32 siswa dan kelulusan nilai KKM yaitu 75, perubahan hasil belajar siswa menunjukkan hal positif, hal ini terlihat dari prestasi belajar siswa meningkat, terlihat pada siklus I 59,37% dan pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 84,4%. Dengan hasil penelitian ini disimpulkan tiga perubahan yang terjadi antara lain pada siswa, pada guru, dan pada hasil pembelajaran. Sarannya untuk guru adalah hendaknya menggunakan pendekatan pembelajaran apa saja yang penting bisa mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa,melakukan pemilihan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi, menciptakan suasana yang tidak membosankan dan mengoptimalkan keterlibatan siswa agar aktif, berani, percaya diri. Bagi lembaga penelitian diharapkan menjadi pembelajaran yang inovatif dan kreatif dan menyenangkan sehingga memecahkan suatu permasalahan dalam proses pengajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil pembelajaran, Lompat , winner front and back, percaya diri
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 17:57
Last Modified: 02 Nov 2017 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27107

Actions (login required)

View Item View Item