PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HEXAGON FOOTBALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA KELAS V SD NEGERI NGAREN KABUPATEN TEMANGGUNG


Luki Mukofin , 6102411026 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HEXAGON FOOTBALL DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA KELAS V SD NEGERI NGAREN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah memperbaiki pengembangan model pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk modifikasi permainan sepakbola yang sesuai dengan siswa kelas V SD Negeri Ngaren Temanggung Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan sepak bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi pembelajaran permainan sepakbola Hexagon Football. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (17 siswa), dan uji coba kelompok besar (17 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Berdasarkan hasil uji coba skala kecil aspek kognitif 88%, afektif 81,86%, dan psikomotor 85,78% diperoleh rata-rata persentase 85,21%. Pada uji coba skala kecil diperoleh persentase dari evaluasi ahli penjas sebesar 81,3% (baik), sedangkan hasil evaluasi dari ahli pembelajaran diperoleh presentase sebesar 78,7% (baik). Sedangkan, hasil dari uji coba skala besar aspek kognitif 88,73% afektif 88,73% dan psikomotor 88,73% diperoleh persentase 89,82%. Dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar terdapat selisih 4,61%. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan sepakbola Hexagon Football ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Ngaren Temanggung Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa permainan sepakbola Hexagon Football efektif dan nyaman, sehingga dapat diterapkan sebagai model pembelajaran dalam pembelajaran penjasorkes. Diharapkan bagi guru penjasorkes SD Negeri Ngaren dapat menggunakan produk model permainan sepakbola Hexagon Football dalam proses pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Permainan Hexagon Football
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Nov 2017 17:55
Last Modified: 02 Nov 2017 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27106

Actions (login required)

View Item View Item