PENGELOLAAN MANAJEMEN PRESTASI ATLET DI KLUB BOLAVOLI SE-KOTA TEGAL TAHUN 2015


Ardie Pramudya Susanto, 6102411023 (2015) PENGELOLAAN MANAJEMEN PRESTASI ATLET DI KLUB BOLAVOLI SE-KOTA TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian prestasi seorang anak tidak akan maksimal tanpa adanya peran orangtua, pelatih serta sarana prasarana yang diberikan. Perhatian dari orangtua, kualitas pelatih, dan pemberian sarana prasarana kepada anak untuk mengikuti latihan bolavoli sangat penting dalam mendukung prestasi anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan manajemen prestasi atlet di klub bolavoli se-Kota Tegal tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan manajemen prestasi atlet di klub bolavoli se-Kota Tegal tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif/survey. Sasaran obyek penelitian adalah klub bolavoli Kota Tegal. Sumber data dalam penelitian ini adalah orangtua, pelatih, dan anak. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan pemerikasaan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, 1) perhatian dari orang tua sangat baik dengan selalu mengantar dan menunggui saat latihan maupun pertandingan serta memberikan sarana prasarana yang dibutuhkan anak 2) pelatih bolavoli di klub bolavoli Kota Tegal sebagian besar masih belum mempunyai sertifikat sebagai pelatih namun dalam melakukan pembinaan dapat dikatakan cukup 3) sarana yang dimiliki klub bolavoli Kota Tegal masih terbilang kurang, namun untuk tempat latihan hanya memerlukan perawatan 4) prestasi yang diraih sangat baik di tingkat lokal, tetapi di tingkat daerah dan nasional masih belum menonjol. Simpulan pada penelitian ini adalah 1) dukungan dan perhatian dari orangtua yang diberikan kepada anak sudah baik. 2) kualitas pelatih dalam membina sudah cukup baik. 3) sarana prasarana yang dimiliki masih perlu penambahan dan perawatan untuk menunjang prestasi anak 4) prestasi yang diraih masih kurang dengan hanya memperoleh prestasi di tingkat lokal. Saran yang peneliti berikan 1) orangtua lebih memberikan dukungan dan perhatian dengan kegemaran yang dimiliki anak di bidang olahraga, khususnya bolavoli. 2) pelatih untuk mengikuti penataran pelatih dan membuat program latihan tertulis 3) penambahan dan perawatan sarana prasarana yang digunakan harus diperhatikan guna mendukung prestasi anak 4) untuk anak, tetap rajin berlatih agar prestasi yang didapat bisa mencapai puncak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Manajemen, Prestasi, Atlet, Bolavoli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Nov 2017 17:45
Last Modified: 02 Nov 2017 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item View Item