STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MEDIA BLOGGER DAN POWERPOINT DI KELAS X SMA NEGERI 1 BODEH TAHUN AJARAN 2015/2016


Deni Hangyalesi , 3101412063 (2016) STUDI KOMPARATIF HASIL BELAJAR SEJARAH ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MEDIA BLOGGER DAN POWERPOINT DI KELAS X SMA NEGERI 1 BODEH TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412063.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terjadi di SMA Negeri 1 Bodeh antara lain adalah kurangnya minat belajar sejarah sehingga berpengaruh pada hasil belajar sejarah yang rendah. Media pembelajaran yang diujicobakan melalui penelitian ini adalah media pembelajaran blogger dan powerpoint. Media ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kels X MIA SMA Negeri 1 Bodeh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hasil belajar sejarah dalam pembelajaran sejarah siswa yang diajar dengan media blogger? (2) Bagaimana hasil belajar sejarah dalam pembelajaran sejarah siswa yang diajar dengan media powerpoint? (3) Adakah perbedaan hasil belajar sejarah dalam pembelajaran sejarah antara siswa yang diajar dengan media blogger dan powerpoint? Populasi peneitian ini adalah Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bodeh. Dengan desain penelitian Pretest- Posttest Control Group Design. Ada dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas, yaitu (1) Pembelajaran sejarah menggunakan media pembelajaran blogger dan (2) Pembelajaran sejarah menggunakan media pembelajaran powerpoint. Variabel terikat yaitu, (1) Hasil belajar sejarah siswa. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan T tes. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan media blogger lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan penerapan media powerpoint. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan blogger sebesar 84,13. Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan powerpoint sebesar 79,20. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media blogger lebih efektif dan dapat dijadikan variasi sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Blogger dan Powerpoint
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:50
Last Modified: 02 Nov 2017 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27102

Actions (login required)

View Item View Item