PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KEBANGKITAN HEROISME DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BELIK PEMALANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Tita Meliawanti , 3101412055 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI POKOK KEBANGKITAN HEROISME DAN KESADARAN KEBANGSAAN DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BELIK PEMALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Guru belum dapat menyusun bahan ajar sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga sangat diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang pas untuk siswa.selain itu, bahan ajar secara lugas belum banyak yang mengembangkan karakter pada siswa. Selama ini nilai-nilai karakter belum diintegrasikan secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Untuk itu, peneliti mengembangkan bahan ajar sejarah dengan metode RnD (Research and Development) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Belik ini bertujuan untuk mengetahui bentuk bahan ajar yang diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik. Kedua mengetahui kelayakan dari bahan ajar pada materi pokok Kebangkitan Heroisme dan kesadaran kebangsaan yang dikembangkan. Ketiga untuk mengetahui penerapan pengembangan bahan ajar berbasis pendidikan karakter pada materi pokok Kebangkitan Heroisme dan kesadaran kebangsaan di kelas XI IPS 1 SMA N 1 Belik. Berdasarkan hasil diskusi kelompok menunjukkan bahwa kelima kelompok mendapatkan nilai diatas 80, dengan rata-rata nilai 87,4. Selain itu untuk hasil post tes, dari seluruh siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 anak memperoleh nilai diatas KKM. KKM yang ditentukan yaitu 67, sedangkan nilai yang diperoleh siswa tidak ada yang dibawah 80. rata-rata nilai yang diperoleh untuk hasil post tes yaitu 96,5. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa siswa kelas XI IPS 1 memiliki ketuntasan dalam belajar dan penerapan menggunakan bahan ajar leaflet sangat efektif dilakukan di kelas XI IPS 1. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan analisis dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah di uraikan yaituPembelajaran sejarah menggunakan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbentuk leaflet pada kelas XI IPS 1 dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat pada hasil penilaian yang dilakukan yaitu berupa kesimpulan hasil diskusi, penilaian post tes dan diakhiri dengan pengisian angket untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar. Hasil diskusi kelompok dan post tes menunjukan bahwa siswa kelas XI IPS 1 memiliki ketuntasan dalam belajar, karena nilai yang diperoleh telah mencapai KKM. ratarata nilai untuk hasil diskusikelompok yaitu 87,4 sedangkan rata-rata hasil post tes yang diperoleh siswa kelas XI IPS yaitu 96,5. Penerapan bahan ajar berbasis pendidikan karakter berbentuk leaflet menjadikan pembelajaran sejarah lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:42
Last Modified: 02 Nov 2017 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

View Item View Item