PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN MASA KOLONIAL EROPA DI INDONESIA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 2 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Anis Sayekti , 3101412051 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) PADA POKOK BAHASAN MASA KOLONIAL EROPA DI INDONESIA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS KELAS VII SMP N 2 JUWANA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412051.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keaktifan belajar siswa adalah salah satu hal yang tidak dipungkiri memberikan pangaruh yang besar terhadap proses pembelajaran, karena di dalam setiap proses belajar selalu diperlukan aktivitas siswa di dalamnya, sehingga perlu dilakukan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model Pembelajaran Berbasis Proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keaktifan belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek pada pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Juwana Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain Pre Experimental Design bentuk PreTest-PostTest One Control Group Design yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalam satu kelas kelompok ekaperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Juwana tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan dipilih kelas VII C sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian dilakukan dalam dua hal yaitu analisis instrumen dan analisis data penelitian. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas angket uji coba, sedangkan analisis data penelitian meliputi uji normalitas, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan rata-rata nilai posttest variabel PBL =119,22 dan nilai aktivitas belajar = 32,125. Hasil uji regresi menunjukkan nilai t = 2.522 dan ttabel = 0,349 karena thitung > ttabel, maka regresi berarti. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Koefisien determinasinya diperoleh = 0.12. Hal ini berarti skor keaktifan belajar siswa 12% dipengaruhi model Pembelajaran Berbasis Proyek dan sisanya 88% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Juwana, sehingga diharapkan model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat dijadikan sebagai salah satu referensi model untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Saran diajukan agar guru selalu berinovasi dengan menggunakan model pembelajaran inovatif dan kreatif, agar siswa selalu aktif dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keaktifan.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:17
Last Modified: 02 Nov 2017 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27099

Actions (login required)

View Item View Item