PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI KEMANTRAN 01 TEGAL TAHUN 2015


GENI RANGGA, 6102411019 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES SISWA KELAS V SD NEGERI KEMANTRAN 01 TEGAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani yang di jadikan sebagai media untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh. Permasalahan terbesar adalah saat pembelajaran materi sepak bola, guru sudah melakukan pembelajaran dengan efektif tetapi nilai KKM peserta didik pada pembelajaran sepak bola masih kurang. Dari jumlah 41 siswa hanya 16 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan prosentase 39%. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan scientific dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Kemantran 01 Tegal Tahun 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan scientific dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Kemantran 01 Tegal Tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus berlangsung selama 1 kali pertemuan pembelajaran. setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kemantran 01 Tegal yang berjumlah 41 siswa dengan komposisi 17 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada siklus I hasil belajar sisiwa belum mencapai ketuntasan minimal yaitu hanya 73,1% dari jumlah 41 siswa hanya 30 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum dalam pembelajaran sepak bola melalui pendekatan scientific. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I serta telah mencapai indikator ketuntasan minimal yaitu sebesar 88% dari jumlah 36 siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum dalam pembelajaran sepak bola melalui pendekatan scientific. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sepak bola melalui pendekatan scientific dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Kemantran 01 Tegal. Saran dari penulis adalah harapanya penelitian ini bisa di gunakan sebagai referensi pembelajaran sepak bola khususnya pada kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Scientific, Penjasorkes.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 02 Nov 2017 14:00
Last Modified: 02 Nov 2017 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item View Item