PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BONTENGKER UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAKINTELAN 03 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015
Aan Faozi, 6102411014 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN BONTENGKER UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAKINTELAN 03 KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurangnya ranah pengembangan pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan Permainan BONTENGKER untuk pembelajaran gerak dasar pada siswa kelas III SD Negeri Pakintelan O3 Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Model Pengembangan Permainan BONTENGKER untuk Pembelajaran Gerak Dasar pada siswa kelas III SD Negeri Pakintelan 03 Kecamtan Gunungpati Kota Semarang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan BONTENGKER), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasrkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar (27 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir model permainan BONTENGKER bagi siswa kelas III yang dihasilka melalui revisi uji coba lapangan. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 81,33% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 84,90% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 84,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase 87,27% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan BONTENGKER ini dapat digunkan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas III SD Negeri Pakintelan 03 Kecamtan Gunungpati Kota Semarang. Saran bagi guru penjasorkes disekolah dasar dapat menggunkan produk model permainan BONTENGKER sebagai salah satu alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Permainan BONTENGKER, Pembelajran Gerak Dasar |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 13:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 13:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27096 |
Actions (login required)
View Item |