PEMANFAATAN SITUS CANDI NGEMPON SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI MA DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2015/2016


Duroh Farhatin , 3101412041 (2016) PEMANFAATAN SITUS CANDI NGEMPON SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI MA DARUL MA’ARIF PRINGAPUS TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persepsi Seorang guru sejarah dalam proses belajar mengajar sejarah tidak hanya menyampaikan materi melalui buku akan tetapi juga materi yang disampaikan menjadi menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa.siswa harus mampu memahami materi dengan mengenal bukti peninggalan bersejarah yang masih ada sebagai alat bantu dalam belajar sejarah seperti pemanfaatan Candi Ngempon. Penelitian ini meneliti tentang pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pemanfaatan situs candi ngempon sebagai sumber belajar sejarah di MA Darul Ma’arif Pringapus, (2) mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam pemanfaatan situs candi ngempon sebagai sumber belajar sejarah, dan (3) mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan situs candi ngempon sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif strategi yang digunakan adalah studi kasus. Informan adalah siswa MA Darul Ma’arif Pringapus. Sumber data yang digunakan adalah informan, hasil wawancara dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang memanfaatkan situs Candi Ngempon mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan sehingga siswa antusias dalam belajar sejarah, menumbuhkan minat siswa untuk belajar sejarah dan menumbuhkan kesadaran sejarah siswa. Kendala-kendala yang dialami ketika pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah terkendala pada sumber sejarah, waktu, biaya dan tenaga. Persepsi siswa terhadap pemanfaatan situs Candi Ngempon sebagai sumber belajar sejarah yaitu siswa lebih tertarik dengan pembelajaran sejarah ketika guru menggunakan sumber belajar sejarah dibanding dengan pembelajaran sejarah dengan metode ceramah. Diharapkan untuk kedepanya guru mampu memanfaatkan peninggalan sejarah secara optimal. Saran yang diajukan peneliti adalah di dalam pembelajaran sejarah guru lebih sering memanfaatkan potensi yang ada di sekitar sekolah berupa peninggalan sejarah untuk dijadikan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Situs Candi Ngempon, Sumber Belajar Sejarah, Pembelajaran Sejarah,
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:40
Last Modified: 02 Nov 2017 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27093

Actions (login required)

View Item View Item