PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MODUL MATERI POKOK LAHIRNYA NASIONALISME INDONESIA SAMPAI ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAMOTAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Nur Endah Umi Erawati , 3101412040 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MODUL MATERI POKOK LAHIRNYA NASIONALISME INDONESIA SAMPAI ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAMOTAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Pamotan menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah selama ini hanya menggunakan buku pegangan berupa LKS (Lembar Kerja Siswa). Maka diperlukan adanya pengembangan bahan ajar yang praktis, inovatif dan kreatif. Selain itu pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk siswa belajar mandiri. Tujuan penelitian ini mengetahui kondisi bahan ajar di SMA Negeri 1 Pamotan, untuk mengetahui pengembangan bahan ajar yang cocok untuk materi lahirnya nasionalisme Indonesia sampai organisasi pergerakan nasional Indonesia dan untuk mengetahui efektivitas modul hasil pengembangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Delevopment. Uji coba produk ini menggunakan desain Quasi Eksperimen dengan teknik Pretes-Postes Group kontrol tidak secara random (Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design). Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive sampling, peneliti mengambil dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi bahan ajar yang ada di SMA Negeri 1 Pamotan masih sedikit, yaitu hanya LKS (Lembar Kerja Siswa) yang digunakan oleh siswa. Setelah peneliti melakukan analisis kebutuhan, maka peneliti mulai membuat desain modul sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan modul yang berlaku, setelah itu peneliti melakukan uji kelayakan modul oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji coba modul menunjukkan tidak terdapat perbedaan hasil pre-test pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 60,36 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 60. Sedangkan hasil post-test menunjukkan perbedaan hasil kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,93 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 68, 04. Hal ini juga sejalan dengan hasil respon siswa kelas eksperimen yang menyatakan sangat setuju dengan rata-rata nilai 89,34%. Saran yang dapat diberikan yaitu guru perlu mengembangkan bahan ajar yang inovatif, kreatif dan menarik agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pengembangan bahan ajar berbentuk modul ini dapat menambah materi sejarah oleh siswa dan direkomendasikan untuk penelitian lebih lanjut yaitu pada tahap menyebarluaskan dengan menggunakan sampel yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Modul, Lahirnya Nasionalisme Indonesia Sampai Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 13:35
Last Modified: 02 Nov 2017 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item