INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (STUDI KASUS SMP KEBON DALEM SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Alma Palupi , 3101412037 (2016) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH (STUDI KASUS SMP KEBON DALEM SEMARANG) TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan proses pembelajaran baik strategi, sarana dan sumber belajar dan pengembangan materi pembelajaran oleh guru akan menghasilkan pembelajaran sejarah yang bermakna termasuk dalam upaya menumbuhkan karakter siswa, materi dalam sejarah mengandung unsur karakter yang dapat menjadi pembelajaran untuk masa sekarang. Berdasarkan latar belakang penelitian, rumusan masalah yang akan dikaji adalah: pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah yang memiliki muatan pendidikan karakter pada IPS Sejarah di SMP Kebon Dalem Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Proses internalisasi pendidikan karakter yang dikembangkan Pusat Kurikulum Badan Penelitian tahun 2010 di SMP Kebon Dalem Semarang. Kendala internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS Sejarah di SMP Kebon Dalem Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasusdengan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMP Kebon Dalem Semarang. Teknik Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada guru IPS Sejarah, beberapa siswa kelas VII dan kelas VIII dan Kepala sekolah SMP Kebon Dalem Semarang. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, simpulan verifikasi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran IPS Sejarah di kelas VII dan kelas VIII SMP Kebon Dalem.Pembelajaran IPS Sejarah mengembangkan kehidupan humaniora yang berorientasi pada etika. Disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, penggunaanSilabus dan RPP, materi yang diajarkan memiliki muatan karaktermeliputitoleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan bertanggung jawab. Siswa juga aktif dalam mengikuti pelajaran dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.Internalisasi pendidikan karakter dengan menggunakan sistem pembelajaran running class, tujuan utama yang digunakan dalam pembelajaran IPS Sejarah di SMP Kebon Dalem mengembangkan kehidupan religius yaitu beriman kepada Allah melalui pendampingan pendidikan hati nurani dengan mengajarkan karakter toleransi antar siswa.Kendala yang dihadapi guru: keterbatasan mencari materi ajar yang memiliki muatan pendidikan karakter, presepsi orang tua mengenai pendidikan karakter disekolah adalah solusi yang tepat dalam membentuk karakter sianak, menurunnya minat belajar buku sejarah. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan sebagai berikut: guru IPS Sejarah memperdalam materi yang diajarkan, perlu pemanfaatan perpustakaan untuk pembelajaran. Sekolah mampu memfasilitasi siswa untuk belajar mengenai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS Sejarah, KTSP
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:31
Last Modified: 02 Nov 2017 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27088

Actions (login required)

View Item View Item