OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 12 SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Lilis Kurnia , 3101412036 (2016) OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 12 SEMARANG DALAM PEMBELAJARAN IPS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran guru lebih ditekankan pada cara merancang atau mengaransemen berbagai sumber atau fasilitas yang tersedia untuk dimanfaatkan siswa dalam mempelajari sesuatu, perkembangan ilmu dan teknologi serta perkembangan sosial-budaya yang berlangsung dengan cepat memberikan tantangan kepada setiap individu, termasuk guru, Banyaknya materi yang ada di pelajaran IPS guru dituntut untuk memperluas pengetahuannya baik dengan membaca buku maupun segala pengetahuan dan informasi yang saat ini semakin pesat termasuk mengelola sumber, berdasarkan hasil uji kompetensi guru terbilang rendah, latar belakang guru IPS yang berasal dari satu studi juga menuntut guru untuk mempelajari mata pelajaran lainnya, sumber belajar yang banyak di lingkungan yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji adalah (1) Apa sajakah sumber belajar yang di manfaatkan guru dan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 12 Semarang (2) Bagaimanakah guru dan siswa mengoptimalkan pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 12 Semarang (3) Apa sajakah kendala serta upaya guru dan siswa dalam mengatasi pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 12 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada guru IPS, dan beberapa siswa kelas VII SMP Negeri 12 Semarang. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Sumber belajar yang dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS berupa tempat, benda, orang/ narasumber, buku /sumber cetak, dan peristiwa/fakta aktual. Upaya yang di lakukan oleh guru IPS yaitu memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekolah dan memanfaatkan sumber belajar di luar sekolah, dan menugasi siswa untuk memanfaatkan sumber belajar. Kendala yang di hadapi oleh guru IPS yaitu materi IPS yang luas, upaya mengatasinya yaitu setiap guru IPS melakukan kerjasama berupa komunikasi antar guru dan berbagi ilmu sebelum melakukan pengajaran, selalu membaca dan menguasai materi. Kendala lainnya yaitu waktu, upaya dalam mengatasi keterbatasan waktu guru IPS kelas VII melakukan pembelajaran dengan membatasi waktu pada setiap kegiatan pada siswa. Waktu dan materi yang luas juga merupakan kendala bagi siswa, Dari materi yang luas tersebut siswa harus mendapatkan sumber yang banyak pula. Oleh karena itu tidak jarang jika siswa memanfaatkan internet dan wifi sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut Saran Peneliti yaitu perlu adanya kerjasama antara kebijakan sekolah dengan guru agar pembelajaran IPS dapat memaksimalkan penyediaan sumber belajar yang belum tersedia di sekolah. Upaya penyediaan sumber belajar yang lengkap diharapkan dapat membantu guru IPS dalam melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pemanfaatan Sumber Belajar, Pembelajaran IPS.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:21
Last Modified: 02 Nov 2017 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27087

Actions (login required)

View Item View Item