PENGEMBANGAN MATERI BAHAN AJAR SEJARAH KOLONIAL KEKUASAAN DAENDELS DI JAWA 1808-1811 DI SMA NASIONAL KARANGTURI SEMARANG


Yoel Kurniawan Raharjo , 3101412034 (2016) PENGEMBANGAN MATERI BAHAN AJAR SEJARAH KOLONIAL KEKUASAAN DAENDELS DI JAWA 1808-1811 DI SMA NASIONAL KARANGTURI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412034.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Nasional Karangturi Semarang didapati bahwa Guru sejarah masih berpedoman terhadap buku paket yang beredar selama ini. Tahun ajaran 2015/2016 Guru sejarah sudah mulai mengembangkan modul sejarah secara sederhana namun masih terdapat kekurangan seperti yaitu isi materi yang kurang, desain kemasan yang kurang menarik, dan minimnya teknik latihan. Pada materi bahasan Kolonialisme pada tema Daendels hanya diulas singkat dan tidak mendalam karena bebagai kendala seperti jam pelajaran sejarah yang begitu singkat, kesibukan guru dan untuk mengejar materi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan bahan ajar sejarah pada materi ini yang dikemas dalam bentuk handout. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kondisi awal sebelum dikembangkannya materi bahan ajar berbentuk handout pada bahasan sejarah kolonial kekuasaan Daendels di Jawa 1808-1811 di SMA Nasional Karangturi Semarang (2) mengetahui proses pembuatan pengembangan materi bahan ajar berbentuk handout (3) mengetahui hasil penilaian validasi bahan ajar handout oleh ahli materi dan ahli media serta tanggapan guru mengenai hasil produk handout. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau RnD (Research and Development). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) guru sejarah dalam mengajar sudah sangat baik dengan menggunakan bahan ajar yang mulai dikembangkannya meskipun masih terdapat beberapa kekurangan (2) pembuatan bahan ajar handout melalui beberapa tahapan pengembangan bahan ajar yang baik (3) penilaian ahli materi dari aspek kelayakan isi diperoleh skor 92,9% aspek kelayakan penyajian 90,5% aspek penilaian bahasa 91,7% sedangkan ahli media dari aspek kegrafikan diperoleh 91,5% artinya sudah sangat baik. Tanggapan guru didapati bahwa handout yang dikembangkan peneliti sudah cukup bagus artinya sudah memenuhi semua kriteria untuk sebuah handout. Berdasarkan beberapa simpulan diatas, saran yang dapat diberikan peneliti yaitu (1) Guru sebaiknya mulai mengembangkan bahan ajar sesuai kriteria yang ada serta materi yang lengkap, dalam, menarik dan efisien (2) bahan ajar handout yang dikembangkan peneliti dapat digunakan guru sebagai sumber bahan ajar dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Materi Bahan Ajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:13
Last Modified: 02 Nov 2017 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27085

Actions (login required)

View Item View Item