PEMANFAATAN SITUS PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMP NEGERI 4 BAE KABUPATEN KUDUS


Stepanny Mahapradani , 3101412028 (2016) PEMANFAATAN SITUS PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMP NEGERI 4 BAE KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kudus merupakan sebuah Kabupaten yang memiliki banyak tempat peninggalan sejarah. salah satunya adalah Situs Patiayam. Situs Patiayam merupakan tempat ditemukannya fosil-fosil hewan purba pada zaman praaksara atau zaman Indonesia purba masa plestosen. Situs patiayam merupakan tempat bersejarah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah karena koleksi-koleksi yang lengkap dan koleksi dapat di pegang menjadikan situs patiayam layak digunakan sumber belajar sejarah. situs patiayam dipilih oleh SMP Negeri 4 Bae Kudus untuk dijadikan sebagai sumber belajar karena situs patiayam merupakan tempat bersejarah yang ada di kudus yang terkait dengan materi praaksara, selain itu jarak antara situs patiayam dengan sekolah tidaklah jauh sekitar ± 3KM.Pemanfaatan Situs Patiayam digunakan untuk penunjang pretasi belajar sejarah siswa. Masalah pokok yang diangkat untuk dikaji lebih lanjut dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pemanfaatan sumber belajar di SMP Negeri 4 Bae Kudus 2) Bagaimanakah Situs Patiayam sebagai sumber belajar? 3) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar Situs Patiayam terhadap terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bae Kudus? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Bae Kudus, dengan populasi kelas VII yang berjumlah 244 siswa dan yang menjadi sampel penelitian sebesar 61 siswa (35 Laki-laki dan 26 Perempuan). Teknik Pengambilan Sampel dengan menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi,dokumen dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemanfaatan sumber-sumber belajar di SMP Negeri 4 Bae Kudus masih sederhana dengan menggunakan buku teks dan laboratorium yang disediakan oleh sekolah, (2) Situs Patiayam memiliki potensi untuk dijadikan sumber belajar sejarah dan SMP Negeri 4 Bae Kudus sudah memanfaatkan Situs Patiayam sebagai sumber belajar sejarah materi masa praaksara, dan (3) Pengaruh pemanfaatan Situs Patiayam sebagai sumber belajar sejarah diperoleh nilai = 23,455 dengan sig = 0.000 < 5%, Jadi Ho ditolak. Ini berarti variabel pemanfaatan Situs Patiayam sebagai sumber belajar sejarah secara statistic berpengruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar siswa. Saran, Sebaiknya Guru lebih aktif dan inovasi dalam penggunaan sumber belajar siswa. Sebaiknya sekolahan dapat melengkapi sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran khususnya mata pelajaran IPS yang belum memiliki laboratorium sendiri yang dapat digunakan sebagai alat sumber belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Sumber Belajar, Situs Patiayam, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:10
Last Modified: 02 Nov 2017 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27084

Actions (login required)

View Item View Item