PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA MATA UANG DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS 2015/2016


Dita Puspita Sari , 3101412027 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA MATA UANG DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KETELADANAN PAHLAWAN NASIONAL INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BAE KUDUS 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan bahan ajar Sejarah dengan sub materi tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam perjuangan menegakkan negara Republik Indonesia yang termasuk ke dalam materi pokok pergerakan nasional Indonesia. Mengingat bahwa di SMA 1 Bae Kudus belum adanya pengembangan bahan ajar yang dilakukan oleh guru sejarah serta minimnya kesadaran guru akan pengembangan bahan ajar yang inovatif, menarik dan kontekstual yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran sejarah. Rumusan Masalah yang dikaji 1) Bagaimana bahan ajar dalam pembelajaran sejarah yang selama ini dilaksanakan di SMA 1 BAE Kudus? 2) Bagaimana bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam pembelajaran sejarah? 3) Bagaimana kelayakan bahan ajar berbasis media mata uang yang dikembangkan dalam pembelajaran sejarah?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Researc and Development (R&D), sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen. Informan yang dipilih yaitu guru sejarah di SMA Negeri 1 Bae Kudus dan siwa kelas XI IPS 4. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Interactive analays models. Keabsahan data diukur dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Kegiatan wawancara ini dilakukan untuk melakukan analisis kebutuhan terkait pengembangan bahan ajar yang dibutuhkan. Hasil penelitian, mengungkap Bahan ajar yang selama ini gunakan oleh guru dan peserta didik di SMA Negeri 1 Bae Kudus untuk saat ini kurang mendukung. Modul dibuat sebagi alternatif bahan ajar dalam proses kegiatan belajar mengajar Sejarah Indonesia. Penerapan pengembangan bahan ajar yang telah dilakukan peneliti membawa pengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bae Kudus. Hal ini ditunjukkan pada variabel penyajian materi dengan tujuan pembelajaran yang hasilnya menunjukkan 78,8% kategori prosentase sangat baik dari jumlah 33 siswa sebagai responden. Prosentase variabel tampilan 72,7% prosentase tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Dan variabel aspek manfaat yang hasilnya menunjukkan 72, 7% dikategorikan dalam kriteria Sangat baik. Hal yang disarankan yaitu bahan ajar modul dapat menjadi referensi dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar berbasis media mata uang sebagai penanaman nilai kepahlawanan dalam pembelajaran sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:05
Last Modified: 02 Nov 2017 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27083

Actions (login required)

View Item View Item