PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL CERAMAH BERVARIASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MA NEGERI PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Ika Munika , 3101412025 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MODEL CERAMAH BERVARIASI PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MA NEGERI PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari karena guru mata pelajaran sejarah kelas XI IPS masih menggunakan metode pembelajaran searah yaitu ceramah sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan Student Facilitator and Explaining untuk mewujudkan hasil belajar sejarah yang optimal. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana implementasi model student facilitator and explaining dengan model ceramah bervariasi pada kelas XI IPS MA Negeri Purwodadi? (2) Bagaimana hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS MA Negeri Purwodadi? (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang menggunakan model student facilitator and explaining dengan model ceramah bervariasi? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 144 siswa. Variabel yang mempengaruhi/bebas dalam penelitian ini adalah model student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa, dengan model ceramah bervariasi terhadap hasil belajar siswa. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, diperoleh kelas XI IPS3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan alat berupa tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,90 dan kelas kontrol 75,22. Berdasarkan analisis menggunakan uji-t perbedaan hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,728 dengan taraf signifikan 5% dan dk=63 diperoleh ttabel= 1,99, karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran menggunakan model student facilitator and explaining diterapkan dengan optimal penggunaannya lebih baik dari model ceramah bervariasi. Saran dari penlitian ini, tidak hanya guru saja yang mendominasi kegiatan pembelajaran, sebaiknya siswa juga lebih aktif dan memilki pengalaman serta pemahaman setelah pembelajaran. Guru harus mampu mengkondisikan siswa dalam proses pembelajaran menggunakan model student facilitiator and explaining, dan memiliki time management yang baik agar mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Facilitator and Explaining, Model Ceramah Bervariasi.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 12:01
Last Modified: 02 Nov 2017 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item