PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PERISTIWA SERANGAN UMUM 1 MARET 1949 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Eka Trisnaningsih , 3101412018 (2016) PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PERISTIWA SERANGAN UMUM 1 MARET 1949 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 merupakan sebuah peristiwa yang sangat menarik untuk dipelajari dalam pembelajaran sejarah. Hal di karenakan di dalam peristiwa tersebut mengandung nilai-nilai perjuangan yang berupa nilai nasionalisme, rela berkorban, pantang menyerah, kerja sama, toleransi, persatuan dan kesatuan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan persepsi guru dan siswa terhadap peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Yogyakarta, (2) Menjelaskan pembelajaran sejarah pada materi peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di SMA Negeri 8 Yogyakarta, (3) Menjelaskan implementasi pembelajaran oleh guru dalam menyampaikan nilai-nilai edukatif yang terkandung dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sttrategi studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa persepsi guru dan siswa terhadap peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 dalam pembelajaran sangat menarik dan penting untuk dipelajari. Hal ini karena dengan mempelajari peristiwa Serangan Umum 1 Maret dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan kesadaran sejarah nasional, rela berkorban, dan semangat pantang menyerah serta nilai-nilai teladan yang dapat di contoh dari tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Kemudian pembelajaran sejarah materi Serangan Umum 1 Maret 1949 di kelas nampak pada saat guru menggunakan metode dan media yang cukup variatif di dalam pembelajarannya sehingga pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajarannya. Sedangkan dilihat dari implementasi pembelajaran mengenai nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 sangat penting untuk disampaikan kepada siswa pada saat kegiatan pembelajaran, seperti, nasionalisme dan rela berkorban. Saran yang diajukan peneliti adalah: (1) Siswa hendaknya mampu mewarisikan nilai-nilai perjuangan dari peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949, (2) Untuk penelitian selanjutnya yang akan membahas topik penelitian yang sama handaknya mencantumkan sekolah yang beragam. Upaya tersebut dilakukan agar fenomena-fenomena yang muncul dari persepsi tentang Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 menjadi beragam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Serangan Umum 1 Maret 1949, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 11:48
Last Modified: 02 Nov 2017 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27079

Actions (login required)

View Item View Item