PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI WILAYAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN DI KABUPATEN CILACAP


Wigi Astuti , 3101412017 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI WILAYAH PEDESAAN DAN PERKOTAAN DI KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pondasi dari suatu bangsa. Bangsa yang memiliki karakter kuat, mampu menjadikan dirinya sebagai bangsa yang bermartabat dan segani oleh bangsa-bangsa lain. Sehingga penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah sangatlah pantas jika terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan perencanaan pembelajaran sejarah yang berorientasi pada pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Cilacap, (2) menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Cilacap, dan (3) mengetahui penilaian pembelajaran sejarah yang dikembangkan oleh guru yang berorientasi pada pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada SMA pedesaan dan perkotaan di Kabupaten Cilacap, dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Jeruklegi dan SMA Negeri 1 Cilacap. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa dari kedua sekolah tersebut. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi metode atau teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sejarah di kedua sekolah tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sudah dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter, di antaranya nilai karakter yang tercantum adalah jujur, disiplin, peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan proaktif. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan oleh guru sejarah dengan cara mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran, nilai karakter yang muncul yaitu kerjasama, rasa ingin tahu, gemar membaca, cinta tanah air, dan tanggung jawab. Penilaian yang berorientasi pada pendidikan karakter dilakukan melalui pengamatan selama kegiatan pembelajaran maupun di lingkungan sekolah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut, (1) bagi guru sejarah sebaiknya selalu mengembangkan dan menunjukkan pendekatan yang unik dalam mengajar terutama dalam metode pembelajaran, (2) pembuatan perencanaan pembelajaran harus ada kesesuaian antara kompetensi inti dengan kegiatan pembelajaran, (3) pihak sekolah diharapkan adanya kesadaran untuk saling dan terus bekerjasama dalam membangun karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 11:44
Last Modified: 02 Nov 2017 11:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item