IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH KOLONIALISME INDONESIA POKOK BAHASAN LIBERALISASI EKONOMI (Studi Persepsi dan Apresiasi di SMA Kabupaten Banjarnegara)


Diah Miharti , 3101412015 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH KOLONIALISME INDONESIA POKOK BAHASAN LIBERALISASI EKONOMI (Studi Persepsi dan Apresiasi di SMA Kabupaten Banjarnegara). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis implementasi pembelajaran sejarah kolonialisme Indonesia pokok bahasan liberalisasi ekonomi (2) Mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap pelaku kolonial yang melakukan dominasi politik dan ekonomi di Indonesia (3) Mendeskripsikan apresiasi peserta didik terhadap Suiker Fabriek Klampok sebagai peninggalan pada masa kolonialisme tahun 1889. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi teknik dan sumber yaitu untuk mengkroscek data yang diperoleh dari lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan komponen reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan saling berinteraksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa impementasi pembelajaran sejarah kolonialisme Indonesia pokok bahasan liberalisasi ekonomi di SMA Negeri 1 Bawang masih sebatas menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan media peta konsep dalam pelaksanaanya. Sedangkan implementasi pembejarana sejarah kolonialisme Indonesia pokok bahasan liberalisasi ekonomi di SMA Negeri 1 Purwanegara masih sebatas menggunakan metode diskusi-presentasi dan tanya-jawab dengan media buku perpustakaan dan browsing melalui internet dalam pelaksanaanya. Persepsi peserta didik di SMA Negeri 1 Bawang dan SMA Negeri 1 Purwanegara terhadap pelaku kolonial terdapat dua kategori yaitu kategori yang dapat berdamai dengan sejarah dan membenci sejarah. Apresiasi yang ditunjukan oleh peserta didik SMA Negeri 1 Bawang terhadap Suiker Fabriek Klampok terdiri dari dua kategori yaitu kategori yang dapat memaknai dan kategori yang dapat menilai terhadap Suiker Fabriek Klampok. Saran yang dapat diberikan kepada guru adalah untuk memaksimalkan pembelajaran sejarah kolonialisme secara objektif sehingga pembelajaran sejarah dapat mentransfer nilai-nilai etika dan moral yang mendasari cara berfikir, cara bersikap, dan berperilaku peserta didik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peserta didik melalui pembelajaran sejarah dapat mengubah cara pandangan dan asumsi peserta didik berdasarkan dari hal-hal yang bersifat khusus ke umum. Serta peserta didik melalui Suiker Fabriek Klampok dapat menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap segala bentuk peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia dimasa lampau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Liberalisasi Ekonomi, Persepsi, Apresiasi
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 19:36
Last Modified: 01 Nov 2017 19:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27077

Actions (login required)

View Item View Item