PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBENTUK BOOKLET PADA MATERI PERKEMBANGAN DAN PENGARUH HINDU-BUDDHA DI INDONESIA UNTUK KELAS X DAN XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG


Fadzhilatul Mudzhazhinah , 3101412014 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SEJARAH BERBENTUK BOOKLET PADA MATERI PERKEMBANGAN DAN PENGARUH HINDU-BUDDHA DI INDONESIA UNTUK KELAS X DAN XI IPS SMA NEGERI 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pengembangan bahan ajar sejarah pada SMA Negeri 2 Magelang karena merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013. Dalam implentasinya sekolah selalu melaksanakan evaluasi minimal satu tahun sekali termasuk perbaikan perlengkapan dalam pembelajaran seperti media, metode dan bahan ajar. Namun pada praktiknya banyak guru yang belum mengmbangkan bahan ajar, selain itu memang penggunaan bahan ajar sejarah hanya mendominasi pada penggunaan LKS. Materi Hindu-Buddha sendiri sangat banyak padahal dalam pembelajarannya dibatasi oleh waktu sehingga siswa tidak maksimal dalam memahami materi tersebut. Magelang adalah kota yang banyak meninggalkan jejak warisan peradaban Hindu-Buddha yang sepantasnya diketahui para siswa agar mereka lebih peduli untuk melestarikannya. Sehingga perlunya inovasi bahan ajar yang efektif dan efisien untuk ketercapaian implementasi kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kondisi pembelajaran sejarah pada kelas X dan XI IPS SMA Negeri 2 Magelang, (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran materi Perkembangan dan Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia pada kelas X dan XI IPS SMA Negeri 2 Magelang, (3) Menjelaskan pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk booklet dalam proses pembelajaran untuk materi Perkembangan dan Pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia pada kelas X dan XI IPS SMA Negeri 2 Magelang. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan penelitian yang diangkat dari fenomena dan masalah-masalah yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumenter dan FGD. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif prosentase dan reduksi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sejarah pada materi perkembangan dan pengaruh Hindu-Buddha masih ada beberapa evaluasi terutama dalam penggunaan bahan ajar guna mengefektifkan proses pembelajaran. Sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar berbentuk booklet agar pembelajaran lebih efektif dan siswa lebih mudah memahami materi tersebut. Berdasarkan analisis data menjelaskan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan mendapat respon positif dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan terutama bagi siswa. Saran bagi guru untuk lebih mengembangkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran sejarah guna mempermudah siswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Sejarah, Gambar, Booklet, Hindu-Buddha di Indonesia
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 19:31
Last Modified: 01 Nov 2017 19:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27076

Actions (login required)

View Item View Item