PERSEPSI SISWA TERHADAP MATERI SEJARAH YANG BERSIFAT KONTROVERSI DALAM MEMBENTUK PENALARAN KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN


Alfian Sulistiyo , 3101412012 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP MATERI SEJARAH YANG BERSIFAT KONTROVERSI DALAM MEMBENTUK PENALARAN KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversi dibutuhkan unutuk meningkatkan pemahaman siswa dan juga menumbuhkan penalaran kritis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang (1) identifikasi guru terhadap materi kontroversi (2) model pembelajaran sejarah yang digunakan guru (3) persepsi siswa terhadap materi sejarah kontroversi dalam membentuk penalaran kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pekalongan. Sumber data terdiri atas informan (guru-guru sejarah dan peserta didik), dokumen (silabus, RPP), serta kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu (1) wawancara mendalam, (2) pengamatan/observasi, dan (3) kajian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kemampuan guru dalam mengidentifikasi materi pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. (2) Pembelajaran inovatif digunakan guru dalam pembelajaran sejarah dengan isu kontroversi untuk melatih daya berpikir kritis peserta didik dan menjadikan pembelajaran lebih menarik serta bermakna bagi peserta didik. (3) Peserta didik memiliki penilaian serta pandangan yang positif terhadap pembelajaran sejarah dengan materi kontroversi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran Pembelajaran sejarah dengan isu kontroversi harus dilakukan dengan menggunakan prinsip keseimbangan, di mana versi-versi yang muncul harus ditampilkan beserta argumentasinya, tanpa ada subjektivitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sejarah Kontroversi, Penalaran Kritis
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 19:28
Last Modified: 01 Nov 2017 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27075

Actions (login required)

View Item View Item