PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PERAN PERS DALAM MENYEBARKAN PAHAM KEBANGSAAN PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL DI MA PADURESO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Uswatun Khasanah , 3101412009 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM RANGKA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PERAN PERS DALAM MENYEBARKAN PAHAM KEBANGSAAN PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL DI MA PADURESO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di MA Padureso menunjukkan bahwa bahan ajar materi sejarah pernah dikembangkan dalam bentuk handout, namun belum mencukupi kebutuhan siswa, sehingga perlu dikembangkan lagi Pendalaman materi peran pers dalam menyebarkan paham kebangsaan pada masa pergerakan nasional penting untuk disampaikan kepada siswa, sedangkan bahan ajar yang tersedia masih minim. Tujuan dalam penelitian ini: (1) mengetahui permasalahan handout yang terjadi dalam proses pembelajaran, (2) mengetahui desain handout yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan dapat dikembangkan dan (3) mengetahui keefektifan pengggunaan handout materi pokok peran pers dalam menyebarkan paham kebangsaan pada masa pergerakan nasional yang dilihat dari hasil pretest dan posttest. Penelitian dilakukan di kelas XI A MA Padureso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa permasalahan dalam handout yang telah tersedia di sekolah, yaitu dari segi tampilan, isi, dan jumlah handout. Desain handout yang sesuai dengan kebutuhan siswa adalah handout yang disusun oleh peneliti, yaitu dengan dilengkapi peta wilayah dan tokoh yang bersangkutan dnegan materi, cover desain menarik dan mewakili isi handout, dan dicetak dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Sementara itu, berdasarkan uji coba produk yang dilakukan menunjukkan bahwa handout efektif digunakan dalam proses pembelajaran sejarah. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti berikutnya dengan topik serupa agar melakukan penelitian terhadap sampel yang lebih banyak dan dalam waktu yang lebih lama, serta agar guru dan sekolah menciptakan budaya semangat belajar pada siswa, salah satunya yaitu dengan menekankan pentingnya belajar untuk kepentingan masa depan mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Pers, Pergerakan Nasional,
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:44
Last Modified: 01 Nov 2017 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27073

Actions (login required)

View Item View Item