EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Resti Pujiani , 3101412007 (2016) EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA N 1 PEJAGOAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu usaha untuk memperbaharui dunia pendidikan adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan mengurangi caracara mengajar yang konvensional. Dalam pembelajaran sejarah terkadang guru monoton dalam menyampaikan materi pelajaran yang akan menyebabkan peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pelajaran yang berujung pada rendahnya hasil belajar siswa. Keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran salah satunya dapat dilihat dengan hasil belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi metode dan model pembelajaran yang dapat mewujudkan tujuan dalam pembelajaran itu sendiri salah satunya yaitu dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi?, (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran model Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat ekperimental dengan desain Quasi Experimental. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 dan XI IPS 4 SMA N 1 Pejagoan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada bahasan Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia. Perhitungan tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan uji-t dan didapatkan hasil thitungsebesar 2,87. dan ttabel dengan taraf siginifikan 5% dan dk (35+36-2=69) diperoleh 1,997. Dengan demikian thitung> ttabel (2,87 >1,997). Saran dari penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran Problem Based Learning menjadi salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran sejarah, untuk menambah kreativitas guru dalam mengembangkan model pembelajaran, (2)Pembentukan kelompok belajar dalam pelaksanaan model Problem Based Learning dipersiapkan dengan baik untuk mengefektifkan waktu, (3) Guru dapat mengembangkan model Problem Based Learning dengan tambahan media yang menarik supaya pembelajaran lebih bervariatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:40
Last Modified: 01 Nov 2017 18:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27072

Actions (login required)

View Item View Item