PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK LEAFLET BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERTEMPURAN PALAGAN AMBARAWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016


Salsabilla Firdaus , 3101412003 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK LEAFLET BERBASIS SEJARAH LOKAL DENGAN MATERI PERTEMPURAN PALAGAN AMBARAWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan kondisi bahan ajar karena kurangnya inovasi yang diterapkan yaitu hanya berupa buku ajar wajib yang menjadi satu-satunya bahan ajar membuat peserta didik merasa cepat jenuh dan bosan ketika mereka harus mempelajari materi dengan membaca. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik.Masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan pengembangan bahan ajar yang variatif, inovatif, dan sesuai dengan kebutuhan serta karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi bahan ajar selama ini yang digunakan oleh guru dan peserta didik pada mata pelajaran sejarah wajib melalui tahap analisis kebutuhan, untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berbentuk leaflet berbasis sejarah lokal pada materi pertempuran Palagan Ambarawa melalui tahap uji validasi ahli, dan untuk mengetahui uji efektivitas pengembangan bahan ajar berbentuk leaflet yang diterapkan pada peserta didik kelas XI IPS terhadap hasil belajar mereka melalui tahap pretest, treatment, dan posttest. Penelitian ini menggunakan metode R and D (Research and Development) dengan menggunakan desain eksperimen True Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design, dan pengambilan sampel dengan teknik Probability Sampling tipe Simple Random Sampling. Sebelum diambil sampelnya, data populasi dihitung normalitas dan homogenitasnya terlebih dahulu. Setelah data dikatakan normal dan homogen, sehingga diperoleh kelas kontrol (XI IPS 4) dan kelas eksperimen (XI IPS 2) yang diberikan pretestposttest untuk mengetahui keadaan awal dan setelah diberikan treatment. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tegal membutuhkan bahan ajar yang menarik, praktis, & inovatif untuk mengatasi rasa bosannya serta menambah semangat dalam membaca dan belajar, peneliti memberi alternatif inovasi bahan ajar berbentuk leaflet dan guru maupun peserta didik antusias dalam menerimanya. Sebelum diujicobakan, leaflet divalidasi dahulu sebanyak dua kali oleh para ahli, rata-rata presentase kelayakan leaflet sudah mencapai tingkat sangat baik dan siap diujicobakan. Setelah diujicobakan, dilakukan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,026 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen,treatment atau pembelajaran sejarah materi pertempuran Palagan Ambarawa pada kelas eksperimen memberi pengaruh yang cukup berarti dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci. Bahan Ajar, Leaflet, Sejarah Lokal, Pertempuran Palagan Ambarawa.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:33
Last Modified: 01 Nov 2017 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27071

Actions (login required)

View Item View Item