PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA KECIL DALAM PENJASORKES MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI I SEMARANG


SURKIM , 6102411007 (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLA KECIL DALAM PENJASORKES MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI I SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Surkim. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Permaianan Bola Kecil Dalam Penjasorkes Melalui Model pembelajaran Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambakaji 1 Semarang. Skripsi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang.Pembimbing. Drs.H. Bambang Priyono, M.Pd. Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya antusias siswa terhadap pembelajaran penjasorkes, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tambakaji.Dibutuhkan adanya pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan prestasi belajar penjasorkes melalui model pembelajaran modifikasi permainan pada siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 1 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar penjasorkes melalui model pembelajaran modifikasi permainan pada siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus berlangsung selama 1 kali pertemuan pembelajaran.Setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 1 yang berjumlah 24 siswa dengan komposisi 9 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 71% dengan rincian aspek psikomotor 79,2%, aspek afektif 66,7%, aspek kognitif 33,3% dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 79,78 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 17 siswa. Pada siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 91,7% dengan rincian aspek psikomotor 91,7%, aspek afektif 70,8%, aspek kognitif 79,2% dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 85,62 dan jumlah siswa yang tuntas adalah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disimpulkan bahwa penerapan modifikasi permainan dapat meningkatkan hasil belajar penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 1. Saran bagi guru adalah agar lebih bisa mengembangan alat pemukul dan bola sehingga siswa lebih mudah dalam memainkan permainan kasboi sehingga dalam mengembangkan model pembelajaran siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes sehingga tujuan dari pembelajaran dapat dicapai sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, model pembelajaran, modifikasi permainan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:37
Last Modified: 01 Nov 2017 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27070

Actions (login required)

View Item View Item