MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAKBOLA PADA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) U-16 SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2015


Wahyu Adi Nugroho, 6102411006 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN SEPAKBOLA PADA SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) U-16 SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang populer di Kabupaten Wonosobo, namun perkembangan olahraga sepakbola di Kabupaten Wonosobo masih tertinggal jauh dengan Kota lain di Jawa Tengah terutama pada U-16. Ini disebabkan karena masih minimnya pembinaan sepakbola yang dilakukan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah manajemen pembinaan sekolah sepakbola (SSB) U-16 se-Kabupaten Wonosobo tahun 2015? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen pembinaan sekolah sepakbola (SSB) se-Kabupaten Wonosobo tahun 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji validitas menggunakan bantuan aplikasi IMB SPSS20 dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data presentase. Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembinaan sekolah sepakbola (SSB) U-16 se-Kabupaten Wonosobo dalam kategori baik (71,42%). Pengelolaan organisasi sekolah sepakbola (SSB) U-16 se-Kabupaten Wonosobo dalam kategori baik (47,61%). Pembinaan sekolah sepakbola (SSB) U-16 se-Kabupaten Wonosobo dalam kategori cukup (38,09%). Dukungan dalam segala hal pada sekolah sepakbola (SSB) se-Kabupaten Wonosobo dalam kategori baik (59,52%). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa 1) manajemen organisasi sekolah sepakbola (SSB) dalam kategori baik 2) pembinaan dalam sekolah sepakbola (SSB) dalam kategori cukup baik 3) dukungan yang ada pada sekolah sepakbola (SSB) dalam kategori baik. Saran yang dapat disampaikan kepada pengurus sekolah sepakbola (SSB) se-Kabupaten Wonosobo adalah (1) pembagian tugas secara jelas agar fungsi organisasi berjalan lebih baik, (2) hendaknya menambah jumlah pelatih dengan kualitas yang baik yaitu berlisensi (3) perlu dilakukan peningkatan saran dan prasarana (4) pengurusa harus lebih aktif lagi dalam menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah atau pihak-pihak lain untuk dijadikan sponsor agar dapat membantu dalam proses pendanaan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sepakbola, Pembinaan, Sekolah Sepakbola (SSB)
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:21
Last Modified: 01 Nov 2017 18:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item View Item