PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS VIII-I SMP N 1 KARANGTENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Ginanjar , 3101412002 (2016) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPS MATERI SEJARAH SISWA KELAS VIII-I SMP N 1 KARANGTENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412002.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPS materi sejarah di kelas VIII-I SMP N 1 Karangtengah terlihat sebagian besar siswa kurang aktif. Untuk meningkatkan keaktifan siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih bervariasi, salah satunya adalah model pembelajaran picture and picture. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keaktifan belajar siswa kelas VIII-I SMP N 1 Karangtengah dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran picture and picture tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII-I SMP N 1 Karangtengah tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian difokuskan pada keaktifan belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran IPS materi sejarah dapat meningkatkan keaktifan siswa, aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas. Peningkatan keaktifan siswa terbukti berdasarkan pada observasi awal diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 60%. Setelah dilaksanakanya pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture terjadi peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 73,8%. Pada siklus II peningkatan keaktifan siswa mengalami peningkatan menjadi 87,6% dan sudah mencapai tujuan atau indikator pencapaian yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar ≥ 75%. Simpulan dari hasil penelitian adalah model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Saran untuk guru IPS, pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture bisa digunakan untuk menambah variasi metode guru dalam melaksanakan pembelajaran. Saran bagi siswa, agar selalu aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan siswa, Model Pembelajaran Picture and picture
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 18:26
Last Modified: 01 Nov 2017 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27067

Actions (login required)

View Item View Item