EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS (SEJARAH) KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Adistie Satya Wasita , 3101411174 (2016) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA DI SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS (SEJARAH) KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411174.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (672kB) | Preview

Abstract

Memanfaatkan Bangunan Kota Lama sebagai sumber belajar adalah perkara penting, sebab Bangunan Kota Lama sendiri merupakan salah satu sumber sejarah yang dapat memberikan gambaran yang lebih konkret terhadap siswa pada pembelajaran sejarah. Semarang memiliki beberapa situs peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar dan beberapa situs-situs peninggalan sejarah tersebut memiliki kesesuaian antara materi yang terkandung dalam situs dengan SK dan KD terkait dengan materi masa kolonial dalam kurikulum yang berlaku. Salah satu prinsip dari pelaksanaan kurikulum juga mendukung pemanfaatan Bangunan Kota Lama di Semarang sebagai sumber belajar. Hal tersebut menjadi alasan mengapa keberadaan Bangunan Kota Lama di Semarang menjadi perlu untuk diteliti sejauh mana tingkat efektivitasnya sebagai sumber belajar. Penelitian ini mengambil tiga rumusan masalah dan tujuan akhirnya untuk menilai seberapa efektif penggunaan Bangunan Kota Lama di Semarang sebagai sumber belajar dalam penelitian di SMPN 34 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMPN 34 Semarang. Informan adalah guru sejarah dan siswa dari sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi relasi dalam tingkat pemahaman siswa dengan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Bangunan Kota Lama di Semarang sebagai sumber belajar meskipun dalam penerapan pembelajaran menggunakan teknik yang berbeda. Untuk tingkat keefektifan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Bangunan Kota Lama di Semarang sebagai sumber belajar, dari tabel kesesuaian dapat dilihat SMP N 34 Semarang menunjukkan hasil yang baik. Saran, Pemanfaatan Bangunan Kota Lama di Semarang memberikan dampak positif dalam pembelajaran sejarah, yaitu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Hal tersebut dapat menjadi masukan bagi kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran sejarah di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bangunan Kota Lama, Sumber Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:35
Last Modified: 01 Nov 2017 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27066

Actions (login required)

View Item View Item