PENGEMBANGAN MATERI AJAR DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN IPS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus pada SMP Negeri 7 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang)


NOVELDA SARI , 3101411173 (2016) PENGEMBANGAN MATERI AJAR DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN IPS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus pada SMP Negeri 7 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411173.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pengembangan materi ajar dan penilaian mata pelajaran IPS pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini: (1) mengetahui pengembangan materi ajar dan penilaianya pada mata pelajaran IPS Terpadu yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 7 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang, (2) mengetahui penilaian pada mata pelajaran IPS Terpadu yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 7 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang, (3) mengetahui kendala yang dialami dan upaya mengatasinya oleh guru di SMP Negeri 7 Semarang dan SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah dan juga siswa di SMP Se-Kecamatan Tengaran. Teknik pengumpulan data (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data penelitian dianalisis dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan materi ajar yang dilakukan oleh guru sangat bervariasi disamping mencari sumber lain dari berbagai buku juga mengembangkan dengan cara melihat fenomena-fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar sekolah masing-masing, selain itu pengembangan materi ajar pun juga menitikberatkan kepada peran guru yang menuntut untuk kreatif. Penilaian yang dilakukan oleh guru berjenis formatif dan sumatif. Hambatan dalam pengembangan materi dan penilaian sangat beragam, mulai dari kendala dalam buku sumber yang berbeda-beda, fasilitas yang kurang memadahi dan kendala dari siswanya sendiri. Dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri sendiri dengan belajar sendiri maupun dengan bertukar pikiran dengan sesama guru dan juga selain itu juga dari faktor eksternal atau faktor internal seperti halnya perbaikan sistem maupun manajemen sesuai dengan hambatan yang dialami oleh masing-masing sekolah Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebaiknya perlu adanya pengembangan materi ajar Ilmu Pengetahuan Sosial yang menyangkut penanaman karakter kuat dari dalam diri agar siswa SMP yang masih memiliki perkembangan psikologi belum stabil tidak mudah terpengaruh kondisi lingkungannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi Ajar, Penilaian, Pembelajaran, IPS
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:31
Last Modified: 01 Nov 2017 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item