PENGEMBANGAN MODEL MENGGIRING BOLA POLA ZIG ZAG VARIASI DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD N SOKA KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN 2015


Supriyadi , 6102411005 (2016) PENGEMBANGAN MODEL MENGGIRING BOLA POLA ZIG ZAG VARIASI DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V SD N SOKA KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102411005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa terhadap pembelajaran sepak bola, mereka merasa cepat bosan dan hanya duduk di tepi lapangan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model menggiring bola pola zig zag variasi pada siswa kelas V SD Negeri Soka Kecamatan Bawang Kabupaten Batang tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa pengembangan model menggiring bola pola zig zag variasi untuk mengatasi siswa supaya tidak cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran penjas orkes dan membentuk modifikasi yang sesuai dengan karakteristik anak Sekolah Dasar dalam pembelajaran Penjasorkes khususnya dalam pembelajaran sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari dribble pola zig zag varisi yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapt dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustak, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model menggiring bola pola zig zag variasi), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu uji ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar, serta uji coba sekala kecil, dengan menggunakan kuisioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (8 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (16 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasill uji coba lapangan, (7) hasil akhir permainan menggiring bola pola zig zag variasi bagi siswa kelas V yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Hasil validasi para ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase 76% (baik), hasil kuisioner siswa pada uji coba sekala kecil didapat persentase 76,25% (baik), dari hasil validasi para ahli uji coba lapangan didapat persentase 77,4%, (baik), hasil kuisioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase 83,75% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan model menggiring bola pola zig zag variasi ini dapat digunakan sebagai alternatif pada pembelajaran penjasorkes di sekolah pada siswa kelas V SD N Soka, Bawang. Saran bagi guru penjas di Sekolah Dasar dapat menggunakan produk pengembangan menggunakan produk pengembangan model menggiring bola pola zig zag variasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Dribbling, Zig zag variasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:48
Last Modified: 01 Nov 2017 17:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27064

Actions (login required)

View Item View Item