PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP PERUBAHAN BEBAN KERJA GURU SEJARAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG


HANDY MEISA KRISTIANTO , 3101411157 (2016) PERSEPSI GURU SEJARAH TERHADAP PERUBAHAN BEBAN KERJA GURU SEJARAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411157.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji persepsi guru sejarah terhadap perubahan beban kerja guru sejarah pada kurikulum 2013 di SMA Kesatrian 1 Semarang. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan persepsi guru sejarah terhadap perubahan beban kerja guru sejarah pada kurikulum 2013; (2) Untuk mengetahui kinerja guru sejarah dengan adanya perubahan beban kerja pada kurikulum 2013; (3) Untuk mengetahui kendala guru sejarah terhadap perubahan beban kerja pada kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis interaktif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian di SMA 1 Kesatrian Semarang. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: Perubahan beban kerja guru sejarah pada kurikulum 2013 memiliki keuntungan bagi guru, yaitu dapat memudahkan guru dalam memenuhi kewajiban beban mengajar yang berguna untuk memperoleh tunjangan sertifikasi guru. Keuntungan tersebut memicu guru dalam berpersepsi positif terhadap perubahan beban kerja guru. Persepsi positif dibutuhkan sebagai landasan bagaimana kinerja para guru untuk menghasilkan pola pikir yang positif pula sehingga kinerja guru akan semakin membaik. Strategi pembelajaran telah dilakukan untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar yang disesuaikan dengan kurikulum 2013, misalnya dalam bentuk model pembelajaran ataupun media yang digunakan bervariasi untuk menarik antusias peserta didik. Sebagian besar kendala masih terdapat pada faktor intern pada mentalitas guru dan penguasaan teknologi guna memudahkan guru dalam penerapan berbagai tugas guru. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) dibutuhkan campur tangan baik dari sekolah atau yayasan maupun dari pemerintah berupa seminar dan pelatihan yang dibutuhkan oleh guru, tentang penerapan kurikulum 2013. (2) Guru perlu terus mengembangkan kreatifitasnya dalam kegiatan pembelajaran serta RPP sebaiknya dibuat guru bersama dalam MGMP atau dibuat langsung untuk beberapa pertemuan guna meringankan beban guru. (3) Supervisi sebaiknya rutin dilaksanakan agar berbagai kendala yang ada dapat sedini mungkin dideteksi dan dapat segera dibenahi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Beban Kerja Guru, Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:25
Last Modified: 01 Nov 2017 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27062

Actions (login required)

View Item View Item