PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SECANG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Rudi Hendrayanto , 3101411039 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH FLIP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI SEJARAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SECANG MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPS materi sejarah yang berlangsung di SMP N 1 Secang belum terlihat adanya penggunaan media pembelajaran Flash Flip Book. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Flash Flip Book dalam pembelajaran IPS sejarah pada siswa kelas VII di SMP N 1 Secang tahun ajaran 2015/2016. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Flash Flip Book dalam pembelajaran IPS sejarah siswa kelas VII SMP N 1 Secang tahun ajaran 2015/2016. (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan hasil belajar IPS Sejarah pada siswa yang menggunakan media pembelajaran Flash Flip Book dalam pembelajaran IPS sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Secang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen (Flash Flip Book) dan kelas VII C sebagai kelas kontrol (Non-Flash Flip Book). Pengumpulan data menggunakan Tes (Pre test dan Post test), Analisis Data dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 8,14 dan kelas kontrol yaitu 7,85. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh harga t hitung (1,1184) > t tabel (2,020), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas control. Sedangkan uji regresi sederhana diperoleh nilai rhitung= 0,6936, dengan = 5 % dan N = 32, diperoleh nilai rtabel = 0,355, karena rxy > rtabel. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,7675 pemanfaatan media pembelajaran Flash Flip Book terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 = 0,4810. Hal ini berarti 58,9% hasil belajar sejarah dipengaruhi treatment, sedangkan sisanya 41,1% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Flash Flip Book, Hasil Belajar Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 17:11
Last Modified: 01 Nov 2017 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item