PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 SAYUNG


Anas Ashar Dzulfikri , 3101411004 (2016) PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 SAYUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pergantian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menjadi kurikulum 2013 sudah pasti menimbulkan beberapa masalah terhadap pengaplikasian pelaksanaan pembelajaran sejarah. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang persepsi siswaterhadap pelaksanaan pelajaran sejarah dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Sayung Demak. Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui keefektifanpembelajaran sejarah menggunakan kurikulum 2013, (2) untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sejarah menggunakan kurikulum KTSP, (3)untuk mengidentifikasi bagaimana siswa dapat memahamikelemahan dan kelebihan kurikulum 2013 dan krikulum KTSP. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Sayung Demak. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi, sementara teknik sampling dengan menggunakan purposive sampling yang ditujukan kepada beberapa siswa SMA Negeri 1 Sayung Demak. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik dan analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-langkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi tentang bagaimana pembelajaran sejarah dengan menggunakan Kurikulum 2013 di SMA N 1 Sayung bahwa persepsi siswa mengenai pembelajaran sejarah dengan menggunakan Kurikulum 2013 sudah cukup baik. Namun dalam kenyataannya dilapangan siswa masih terkendala dengan pembelajaran di Kurikulum 2013, salah satunya guru pada saat pembelajaran sejarah hanya menerangkan sebentar setelah itu siswa disuruh aktif sendiri yaitu untuk mencari sendiri materinya di internet melalui handphone,. Persepsi siswa tentang bagaimana pembelajaran sejarah dengan menggunakan Kurikulum KTSP di SMA N 1 Sayung bahwa sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan dalam dunia pendidikan Saran guru sejarah seharusnya menyiapkan materi di powerpoint sehinga siswa mudah untuk mencernak materi yang diajarkan, guru sejarah seharusnya menerapkan metode yang inofatif seperti bermain peran, mengunakan gambar dan lain-lain agar siswa dapat tertarik dengan pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 16:56
Last Modified: 01 Nov 2017 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27056

Actions (login required)

View Item View Item