ANALISIS MUATAN SEJARAH KONTROVERSIAL DI BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH SMA KURIKULUM 1975-2004


Marlina , 3101410005 (2016) ANALISIS MUATAN SEJARAH KONTROVERSIAL DI BUKU TEKS PELAJARAN SEJARAH SMA KURIKULUM 1975-2004. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101410005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Buku teks sebagai media yang penyampaian sejarah belum ideal. Pertarungan kepentingan dalam penulisan sejarah untuk legitimasi kekuasaan baik negara maupun kelompok tetap terjadi. Hal tersebut berpotensi menimbulkan malapraktik dalam penulisan sejarah melalui buku teks. Permasalahan yang ada tersebut menciptakan tujuan penelitian ini meliputi mengetahui secara teknis pembuatan buku teks; faktor-faktor yang mempengaruhi terciptannya muatan Sejarah kontroversial;perkembangan keperpihakan kepentingan di muatan Sejarah kontroversial di kurikulum dari tahun 1975 sampai 2004. Objek penelitian ini adalah buku teks sejarah SMA kurikulum 1975 sampai 2004 dan redaksional muatan sejarah kontroversial di buku teks sejarah SMA kurikulum 1975 sampai 2004. Dua objek penelitian tersebut saling memiliki hubungan saling terkait dan tidak bisa dipisahkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan keilmuan bahasa, menggunakan analisis konten inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa redaksional muatan sejarah kontroversial dipengaruhi oleh kondisi kurikulum, kondisi historiografi dan kondisi masyarakatnya. Muatan sejarah kontroversial sangat dipengaruhi oleh kepentingan rezim penguasa sehingga sejarah kontroversial kurikulum 1975 mengandung subjektivitas rezim atau golongan yang cukup tinggi, kurikulum 1984 dan 1994 mengandung subjektivitas rezim orde baru dan sedangkan kurikulum 1994 dengan suplemen subjektivitas kaum yang tertindas dari orde baru serta kurikulum 2004 subjektivitas para peneliti yang menggunakan metode ilmiah dalam menuliskan sejarah. Pengaruh penguasa tersebut terbukti dari hidden curriculum dan zeitgeist dari tahun 1975 sampai 2006. Saran, perlu adanya dua buku dalam pelajaran sejarah yaitu buku teks sebagai pedoman dan buku referensi sebagai penunjang. Kebijakan kurikulum dalam membuat redaksional muatan sejarah kontroversial perlu perbaikan dalam keseimbangan menggunakan data dan melakukan pendamaian sejarah tanpa pewarisan kebencian serta perlu adanya peningkatan budaya kebebasan berpikir sehingga segala perdebatan ilmiah hanya diselesaikan dengan pedebatan ilmiah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Muatan, Sejarah Kontroversial, Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 16:49
Last Modified: 01 Nov 2017 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27055

Actions (login required)

View Item View Item