KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS


Eka Irawati , 1401412019 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS BISMA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (905kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di SDN Gugus Bisma pada pembelajaran matematika guru kesulitan menerapkan model pembelajaran secara berkelompok, siswa belum berpartisipasi aktif, dan pembelajaran didominasi pengenalan rumus dan konsep secara verbal. Pembelajaran tersebut menyebabkan hasil belajarnya belum mencapai kriteria ketuntasan individual dan klasikal. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model kooperatif Learning Together. Rumusan masalahnya adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model LT dan Student Facilitator and Explaining dapat mencapai kriteria ketuntasan individual dan klasikal? apakah terdapat peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model LT dan SFaE? apakah model LT lebih efektif dibandingkan model SFaE terhadap hasil belajar matematika kelas IV SDN Gugus Bisma? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran LT dan SFaE dapat mencapai kriteria ketuntasan individual dan klasikal, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran LT dan SfaE, untuk mengetahui model LT lebih efektif dibandingkan model SFaE terhadap hasil belajar Matematika kelas IV SDN Gugus Bisma. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen bentuk The Nonequivalent Prettest-Postest Control Group Design. Populasinya siswa kelas IV SDN Gugus Bisma. Dengan teknik cluster sampling diperoleh sampel penelitian yaitu kelas IV SDN 1 Sokawera sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 3 Sokawera sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data menggunakan uji z, data gain dan N gain dan independent t-test. Hasil uji proporsi satu pihak, tes akhir kelas eksperimen dan kontrol mencapai ketuntasan belajar secara individual dan klasikal. Analisis data gain dan N-gain kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan hasil belajar. Analisis independent t-test thitung tes akhir (2.2149765502) > ttabel (2.021), thitung peningkatan hasil belajar (4.413794) > ttabel (1.705), dan thitung peningkatan hasil belajar ternormalisasi (5.155301) > ttabel (1.705) Ho ditolak, artinya model LT lebih efektif dari model SFaE, Kesimpulannya hasil belajar Matematika siswa model LT dan SFaE mencapai kriteria ketuntasan individual dan klasikal, mengalami peningkatan hasil belajar matematika pada model LT dan SfaE, model LT lebih efektif dalam mencapai hasil belajar Matematika dibanding model SfaE. Saran dari peneliti model LT dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan; learning together; pembelajaran matematika
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:48
Last Modified: 01 Nov 2017 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27054

Actions (login required)

View Item View Item