PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAK SODOR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA UNTUK ANAK “KELAS BESAR” DI SD NEGERI 02 MAJALANGU PEMALANG


Willy Anggoman, 6102410060 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAK SODOR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA UNTUK ANAK “KELAS BESAR” DI SD NEGERI 02 MAJALANGU PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102410060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan sepak bola), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi pembelajaran permainan “Sepak Sodor”. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (16siswa), dan uji skala besar (48siswa).Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Data hasil uji coba diperoleh yaitu skala kecil kognitif 84,19% (baik), psikomotor 82,50% (baik), afektif 84,40% (baik), diperoleh rata-rata uji coba kelompok skala kecil 83,69% (baik),. Skala besar kognitif 85,42% (baik), psikomotor 85,76% (baik), afektif 85,76% (baik),diperoleh rata-rata uji coba kelompok skala besar 85,64 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan Sepak Sodor ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa kelas besar SD Negeri 02 Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Disarankan bagi guru penjasorkes di SD untuk dapat menggunakan produk permainan Sepak Sodor dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Permainan Sepak Sodor
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 01 Nov 2017 15:32
Last Modified: 01 Nov 2017 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27052

Actions (login required)

View Item View Item