PEMANFAATAN DAN HAMBATAN MEDIA POWERPOINT PADA GURU SDN KELAS TINGGI SEGUGUS DEWANTARA KABUPATEN BANYUMAS


Desi Wulandari , 1401412015 (2016) PEMANFAATAN DAN HAMBATAN MEDIA POWERPOINT PADA GURU SDN KELAS TINGGI SEGUGUS DEWANTARA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (640kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan media TIK dalam pembelajaran merupakan bagian dari kompetensi guru yang telah diatur oleh Undang-undang. Salah satu pemanfaatan media TIK oleh guru yaitu dalam bentuk media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan pengantar informasi dari sumber menuju penerima yang mengandung unsur-unsur. Salah satu bentuk pemanfaatan media TIK oleh guru untuk media pembelajaran adalah pemanfaatan media PowerPoint. Media tersebut cocok digunakan untuk pembelajaran siswa di sekolah dasar. Siswa sekolah dasar merupakan anak dengan taraf berfikir konkrit. Siswa sekolah dasar juga memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Media PowerPoint dapat memepermudah menyampaikan materi belajar menjadi lebih konkrit dan dapat membantu seluruh gaya belajar siswa. Pemanfaatan tersebut terkendala oleh banyaknya hambatan yang dihadapi guru diantaranya faktor ketersediaan dan kemampuan mengoperasikan media TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan dan hambatan media PowerPoint pada Guru SDN Kelas Tinggi Segugus Dewantara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah pemanfaatan dan hambatan pada media PowerPoint. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru SDN kelas tinggi segugus Dewantara Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel dari penelitian ini yaitu seluruh guru SDN kelas tinggi segugus Dewantara Kabupaten Banyumas yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakn yaitu angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan media PowerPoint di Gugus Dewantara Kabupaten Banyumas tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata sebesar 31,16 pada interval X < 34 dengan kategori rendah. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif hambatan media PowerPoint pada di Gugus Dewantara Kabupaten Banyumas tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rat sebesar 45,5, pada interval 45 ≤ X dengan kategor tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan kepada guru-guru di Gugus Dewantara agar meningkatkan ilmu penegatahuannya dalam bidang TIK. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diperoleh hasil pemanfaatan media TIK khusunya media PowerPoint pada gugus Dewantara tergolong rendah dan memiliki tingkat hambatan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut hendaknya guru memanfaatkan media TIK untuk memaksimalkan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan; Pemanfaatan; Media PowerPoint.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:54
Last Modified: 01 Nov 2017 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27050

Actions (login required)

View Item View Item