MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011


Erlian Widya Nursanthi , 1301406029 (2010) MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KONSEP DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (850kB) | Preview

Abstract

Fenomena yang ditemui pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas menunjukkan konsep diri rendah, ditunjukkan dengan perilaku siswa yang sering berpakaian yang tidak sesuai ketentuan sekolah, adanya kenakalan remaja, sering mengeluh, merasa tidak bermanfaat, tidak mengetahui kelebihan yang dimiliki, pesimis, malu, tidak percaya diri dan kurang membuka diri. Untuk itu perlu ada upaya untuk meningkatkan konsep diri siswa, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan layanan informasi dengan media visual. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual, bagaimanakah konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah diberikan layanan informasi dengan media visual, dan apakah terjadi peningkatan konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah peberian layanan informasi dengan media visual. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual, untuk memperoleh gambaran konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas setelah diberikan layanan informasi dengan media visual, dan untuk membuktikan terjadinya peningkatan konsep diri pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum dan setelah pemberian layanan informasi dengan media visual. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 255 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel dalam penelitian simple random sampling sebanyak 37 siswa yang berada di kelas XI IPS 3. Variabel yang diteliti ada dua yaitu layanan informasi dengan media visual sebagai variabel bebas dan konsep diri siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis uji t-test, dan analisis deskriptif. Hasil analisis Konsep diri siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bergas sebelum diberikan layanan informasi dengan media visual menunjukkan kategori sedang dengan persentase 61,07%, setelah diberikan layanan informasi dengan media visual menunujukkan kategori sedang dengan persentase 67,99%. Hasil uji hipotesis analisis data diperoleh thitung = 32,02 dan ttabel = 1,993, jadi thitung > ttabel.. Hal ini menunjukkan bahwa ”ada perbedaan tingkat konsep diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan layanan informasi dengan media visual”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata konsep diri setelah diberikan layanan informasi dengan media visual mengalami peningkatan daripada sebelumnya. Saran bagi sekolah hendaknya dapat memfasilitasi penyediaan media visual secara lebih lengkap, bagi guru BK lebih melatih ketrampilan menggunakan media visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Layanan Informasi dengan Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:56
Last Modified: 25 Apr 2015 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item