KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS CENDRAWASIH NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO


Dharu Dian Puspitorini , 1401412013 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TPS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI GUGUS CENDRAWASIH NGOMBOL KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo, ditemukan masalah pada pembelajaran matematika. Guru sudah melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT hanya saja dalam pelaksanaannya kurang optimal. Permasalahan ini mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Dengan demikian, peneliti melaksanakan pembelajaran dengan langkah-langkah model pembelajaran NHT yang sesungguhnya. Peneliti juga membandingkan antara model pembelajaran NHT dan model pembelajaran TPS dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo yang menggunakan model pembelajaran TPS dapat mencapai KKM; (2) hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo yang menggunakan model pembelajaran NHT dapat mencapai KKM; dan (3) pembelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih efektif daripada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran NHT. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wingkoharjo dan siswa kelas V SD Negeri Secang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo yang menggunakan model pembelajaran TPS dapat mencapai KKM; (2) hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Gugus Cendrawasih Ngombol Kabupaten Purworejo yang menggunakan model pembelajaran NHT dapat mencapai KKM; dan (3) Model pembelajaran TPS lebih efektif daripada model pembelajaran NHT. Saran dari peneliti, yaitu guru hendaknya dalam melakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif, diantaranya model pembelajaran TPS dan model pembelajaran NHT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, TPS, NHT
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:49
Last Modified: 01 Nov 2017 14:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27049

Actions (login required)

View Item View Item