KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD N 1 BOJONG PURBALINGGA


Endah Andriani , 1401412012 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SD N 1 BOJONG PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (992kB) | Preview

Abstract

IPS merupakan ilmu yang mengkaji manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan fisiknya (Soewarso 2012: 2). Pembelajaran IPS di SD siswa hanya menerima dan menghafal materi yang dijelaskan oleh guru, sehingga mengakibatkan minat dan hasil belajar IPS menjadi rendah. Salah satu metode yang menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS yaitu metode the power of two berbantuan media video. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif metode the power of two berbantuan media video terhadap minat dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD N 1 Bojong Purbalingga. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design yaitu bentuk desain eksperimen yang merupakan pengembangan dari true experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 1 Bojong Purbalingga yang berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 28 di kelas eksperimen dan 28 di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu instrument penelitian kualitatif (non tes) dan kuantitatif (tes). Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, Levene’stest untuk uji homogenitas, Linearity uji linieritas dan t test untuk uji hipotesis. Berdasarakan hasil uji hipotesis data minat belajar dengan perhitungan menggunakan uji independent sample t test, menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,269 dan ttabel sebesar 1,674 (thitung > ttabel), maka minat belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif metode the power of two berbantuan media video lebih baik daripada minat belajar siswa yang menerapkan model konvensional. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar menunjukkan bahwa thitung sebesar 2,979 dan ttabel sebesar 1,674 (thitung > ttabel), maka hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif metode the power of two berbantuan media video lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara minat dengan hasil belajar pada pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan bahwa nilai signifikansi sebesar (0,000 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif metode the power of two berbantuan media video terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar IPS kelas V materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, minat belajar, model pembelajaran kooperatif metode the power of two berbantuan media video
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:33
Last Modified: 01 Nov 2017 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item