PERAN GURU PENJASORKES DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL


ARIFIN, 6102410022 (2016) PERAN GURU PENJASORKES DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SD SE-KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102410022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prosentase kehadiran siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler belum mencapai 100% akan tetapi hanya mencapai sebesar 52%. Hal ini disebabkan peran guru dan sekolah belum secara optimal dalam mendorong minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru penjasorkes dalam meningkatkan minat dan pelaksanaan ekstrakurikuler SD Negeri Se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Se- Kecamatan limbangan Kabupaten Kendal yang melaksanakan ekstrakulikuler setiap minggunya yang berjumlah 10 SD. Sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah 10 SD yang melaksanakan ekstrakulikuler. Dan pengambilan sample menggunakan total sampling. Intrumen penelitian menggunakan metode survey, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi subyek penelitian ini adalah guru penjasorkes di SD se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Berdasarkan analisis dengan menggunakan deskripsi presentase diperoleh data hasil penelitian bahwa Peran Guru Penjasorkes dalam Upaya Meningkatkan Minat siswa di SD Se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal sudah baik tingkat keberhasilannya dengan persentase skor rata-rata 72%. Dan Peran Guru Penjasorkes dalam Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga di SD Se-Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal juga sudah baik dengan persentase skor rata-rata 73%. Hal tersebut disebabkan karena pihak sekolah sebagai pihak yang berwenang untuk mengeluarkan kebijakan tentang hal ini sangat mendukung terhadap kegiatan ekstrakurikuler dengan mencukupi sara dan prasarana dan manajemen yang baik meskupin di sebagian sekolah masih memerlukan beberapa peralatan olahraga yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler olahraga. Simpulan dari penelitian Peran Guru Penjasorkes dalam Upaya Meningkatkan Minat dan Pelaksanaan Ekstrakurikuler Olahraga di SD Se- Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal sudah baik. Saran yang penulis ajukan adalah Guru Penjasorkes hendaknya lebih mengetahui akan pelaksanaan ekstrakurikuler olahraga di SD Negeri Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, selain itu Guru penjasorkes harus lebih baik lagi dalam membuat program pengembangan dan inovasi dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sesuai dengan minat dan bakat siswanya. Sehingga pelaksanaan ekstra kurikuler dapat berjalan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pelaksanaan Ekstrakurikuler
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:40
Last Modified: 01 Nov 2017 14:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item