MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI DESA LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS


Primanita Ginastuti Ratnasiwi , 1401412010 (2016) MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD DI DESA LUMBIR KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (778kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi pada siswa kelas V SD di Desa Lumbir Kabupaten Banyumas, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan pembelajaran IPA diantaranya siswa dapat mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Namun, tujuan tersebut belum tercapai. Dari permasalahan tersebut, maka perlu dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif melalui model pembelajaran yang mengutamakan peran guru sebagai fasilitator dan motivator. Model – model pembelajaran yang inovatif diantaranya yaitu model Contextual Teaching and Learning dan Group Investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran IPA pada kelas eksperimen yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning memiliki rata – rata yang lebih tinggi daripada kelas kontrol? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Desa Lumbir dengan sampel berjumlah 56 siswa yang berasal dari SDN 2 Lumbir sebanyak 16 siswa, SDN 3 Lumbir sebanyak 17 siswa, dan SDN 5 Lumbir sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar IPA dengan menggunakan model CTL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis, dimana nilai thitung (7,21) > ttabel (2,04). Nilai rata – rata kelas eksperimen adalah 80,147, sedangkan nilai rata – rata kelas kontrol adalah 51,625. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL lebih efektif terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Desa Lumbir Kabupaten Banyumas. Saran yang diberikan peneliti kepada guru adalah guru sebaiknya menyiapkan RPP, dan media pembelajaran yang hendak digunakan, lebih banyak melakukan praktek dalam pembelajaran, serta berkeliling untuk membimbing kelompok; siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran dan percaya diri dalam mengemukakan pendapat; dan sekolah diharapkan dapat membantu guru untuk menyediakan alat peraga dan media pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model CTL , Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:58
Last Modified: 01 Nov 2017 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27044

Actions (login required)

View Item View Item