KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DR. MAWARDI KECAMATAN KALIWUNGU


DESI WULANDARI , 1401412007 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS DR. MAWARDI KECAMATAN KALIWUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (852kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar menunjukkan belum berhasil karena jumlah siswa yang tuntas kurang dari 75%. Proses pembelajaran IPA yang terjadi di SD Negeri Se-Gugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu siswa kurang antusias dalam pelajaran, siswa kurang memahami penjelasan guru, saat diskusi kelompok hanya siswa pandai yang mengerjakan tugas kelompok sedangkan yang lain memicu kegaduhan di kelas, sementara guru belum menggunakan model yang inovatif dan belum memaksimalkan contoh secara nyata, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA tidak mencapai KKM. Model kooperatif tipe TAI adalah solusi yang digunakan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol pada siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu. Jenis penelitian ini adalah True Experimental, dengan desain Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri Se-Gugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu sebanyak 231 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu simple random sampling. Kemudian, diperoleh sampel dari kelas V SD Negeri 2 Kutoharjo sebagai kelas eksperimen sejumlah 48 siswa dan kelas V SD Negeri 1 Kutoharjo sebagai kelas kontrol sejumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, kesamaan rata-rata, dan analisis akhir. Pengujian analisis akhir atau hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan rumus Polled Varians. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,875 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,773. Data hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung = 3,1521 tidak terletak antara -1,98 dan 1,98 maka H0 ditolak, Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu menggunakan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (menggunakan model koopertaif tipe STAD). Simpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Saran bagi siswa diharapkan siswa diberikan aturan yang jelas untuk mengerjakan diskusi dan siswa juga diberikan penguatan agar termotivasi. Bagi guru, diharapkan guru mampu dalam mengendalikan siswa waktu diskusi. Bagi sekolah, diharapkan sekolah mengambil kebijakan yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TAI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPA; keefektifan; TAI
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 12:56
Last Modified: 01 Nov 2017 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27041

Actions (login required)

View Item View Item