HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/ 2011


Yeni Indarwati , 1301406038 (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/ 2011]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEHARMONISAN KELUARGA DAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BERGAS TAHUN AJARAN 2010/ 2011) - Published Version
Download (876kB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Selain itu keluarga juga merupakan pondasi primer bagi perkembangan anak, karena keluarga merupakan tempat anak untuk menghabiskan sebagian besar waktu dalam kehidupannya. Kematangan emosi seseorang turut ditentukan oleh keluarga sebab seorang individu akan memperlakukan dirinya dan cenderung memilih individu lain yang sekiranya dapat memperlakukan dirinya seperti perlakuan yang diperoleh dalam lingkungan sebelumnya dalam hal ini adalah keluarganya. Berdasarkan uraian tersebut timbul keinginan peneliti untuk meneliti tentang: 1) bagaimanakah gambaran keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri I Bergas Tahun Ajaran 2010/ 2011, dan 2) adakah hubungan antara tingkat keharmonisan keluarga dan kematangan emosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) ingin mendapatkan informasi secara objektif tentang keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas Tahun Ajaran 2010/ 2011, dan 2) mengetahui hubungan antara keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas Tahun Ajaran 2010/ 2011 sebanyak 255 siswa yang terbagi dalam 8 kelas . Sampel diambil secara random sampling sebanyak 80 siswa, yang diambil dari tiap-tiap kelas 10 siswa. Variabel yang diteliti ada dua yaitu keharmonisan keluarga sebagai variabel bebas dan kematangan emosi siswa sebagai variabel terikat. Data diambil dengan angket dan skala psikologis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bergas adalah dalam kriteria sedang dengan persentase 67,34% sedangkan kematangan emosi siswa termasuk kriteria sedang yaitu dengan persentase 67,96%. Hasil analisis korelasi memperoleh koefisien korelasi 0,459. Pada α = 5% dengan N = 80 diperoleh = 0,220. Karena = 0,459 > = 0,220, yang berarti ada hubungan antara keharmonisan keluarga dan kematangan emosi siswa kelas XI di SMA N 1 Bergas. Berkaitan dengan hasil penelitian ini, peneliti dapat mengajukan saran antara lain : 1) siswa hendaknya selalu menerima keadaan diri dan berpikir secara positif, karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan apabila ada masalah, berbagilah dengan guru pembimbing di sekolah atau orang-orang terdekat agar tidak terbebani dengan masalah yang dihadapi, dan 2) perlunya kerja sama antara guru pembimbing dengan guru mata pelajaran serta wali kelas untuk memberikan bimbingan dan perhatian terhadap perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keharmonisan keluarga, kematangan emosi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2704

Actions (login required)

View Item View Item