MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS DR. MAWARDI KECAMATAN KALIWUNGU KENDAL


TIKA ARRUMNINGTYAS , 1401412006 (2016) MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS DR. MAWARDI KECAMATAN KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (865kB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar yang masih bersifat tradisional dengan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi terjadi di Sekolah Dasar Negeri Segugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu. Tujuan pembelajaran IPA diantaranya siswa mampu mengembangkan keterampilan proses dengan memecahkan masalah dan membuat keputusan terhadap suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tujuan tersebut belum tercapai pada Sekolah Dasar Negeri Segugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu. Dari permasalahan yang ada dan data yang mendukung, maka perlu dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif melalui model pembelajaran yang tepat dengan mengutamakan peran guru sebagai fasilitator, motivator, evaluator dan juga informator. Modelmodel pembelajaran inovatif antaranya yaitu model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model kooperatif tipe Team Assisted Individualised (TAI). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah rata-rata hasil belajar IPA dengan penerapan model CTL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol pada siswa kelas IV SD Negeri Segugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar IPA dengan penerapan model CTL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri di Gugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah total siswa kelas IV sebanyak 232 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Rata-rata nilai eksperimen sebesar 82,08 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,65. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t Polled Varians, sehingga didapatkan t = 3,2479 tidak terletak antara -1,98 dan 1,98 sehingga Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Segugus Dr. Mawardi Kecamatan Kaliwungu menggunakan model CTL lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Saran penelitian ini yaitu guru diharapkan mampu meningkatkan kreativitas mengajar, dan guru juga dapat memilih model sesuai dengan materi pelajaran, penggunaan model CTL tidak hanya pada mata pelajaran IPA saja, melainkan mata pelajaran yang lainnya. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; hasil belajar; IPA
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 12:52
Last Modified: 01 Nov 2017 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27039

Actions (login required)

View Item View Item