KEEFEKTIFAN MODEL TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN PATI LOR


Siti Kurnia , 1401412004 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL TAI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN PATI LOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri di Kelurahan Pati Lor, selama ini pembelajaran IPA di kelas V berjalan dengan baik, namun belum optimal dan masih ada permasalahan pembelajaran. Hal ini dikarenakan guru belum menerapkan pembelajaran seperti yang ada di kurikulum. Selain itu pembelajaran juga lebih berpusat pada guru (teacher centered) dan guru masih mendominasi dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif. Guru juga masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal. Hal ini berpengaruh terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil UTS IPA siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Pati Lor, tingkat ketuntasan belajar siswa belum mencapai 100%. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model TAI lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Pati Lor. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model TAI terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Pati Lor. Desain penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Sampel penelitian adalah 38 siswa kelas V SDN Pati Lor 01 sebagai kelompok eksperimen dan 31 siswa kelas V SDN Pati Lor 04 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji taraf kesukaran. Uji Chi-Kuadrat untuk normalitas data, uji Bartlett untuk homogenitas populasi, Uji F untuk kesamaan rata-rata data awal, uji t untuk perbedaan rerata hasil posttest. Semua perhitungan tersebut dibantu program microsoft excel 2010. Pengujian hipotesis menggunakan nilai hasil posttest IPA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung sebesar 2,019, sedangkan ttabel sebesar 1,67, sehingga thitung lebih besar daripada ttabel. Dengan kata lain, hipotesis yang menyatakan bahwa model TAI lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model TAI lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Pati Lor. Saran dari peneliti yaitu guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi pembelajaran. Hal ini bertujuan agar pembelajaran lebih menarik dan variatif, sehingga siswa menjadi lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; IPA; TAI
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2017 12:48
Last Modified: 01 Nov 2017 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27038

Actions (login required)

View Item View Item