PENGEMBANGAN PERANGKAT EVALUASI TEKS EKSPLANASI DENGAN TAKSONOMI REBECCA M. VALLETE DAN PENDEKATAN CLIL UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Wirani Atqia, 0202514064 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT EVALUASI TEKS EKSPLANASI DENGAN TAKSONOMI REBECCA M. VALLETE DAN PENDEKATAN CLIL UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (477kB) | Preview

Abstract

Evaluasi dalam pembelajaran bahasa tidak lagi berkutat pada aspek kebahasaan saja melainkan dituntut hingga mencapai aspek budaya dan komunikasinya sehingga membutuhkan perangkat evaluasi yang inovatif. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berbasis teks, perangkat evaluasi yang ada selama ini masih kurang spesifik untuk menilai teks tertentu. Guru juga mengalami kesulitan dalam menilai teks baru pada kurikulum 2013. Salah satu teks baru tersebut adalah teks eksplanasi yang sarat akan konteks sosial dan kebudayaan. Dibutuhkan sebuah perangkat evaluasi yang dapat menilai hingga aspek sosial budaya tersebut. Selain itu, buku pegangan atau buku panduan guru yang sesuai dengan kurikulum 2013 dalam mengevaluasi teks eksplanasi juga masih jarang ditemukan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan perangkat evaluasi berupa buku pegangan atau buku panduan untuk membantu para guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah karakteristik kebutuhan pengembangan perangkat evaluasi teks eksplanasi dengan taksonomi Rebecca M. Valette dan pendekatan CLIL berdasarkan persepsi guru, (2) bagaimanakah pengembangan perangkat evaluasi teks eksplanasi dengan taksonomi Rebecca M. Valette dan pendekatan CLIL, dan (3) bagaimanakah validitas dan reliabilitas prototipe perangkat evaluasi teks eksplanasi untuk peserta didik SMP kelas VIII dengan taksonomi Rebecca M. Valette dan pendekatan CLIL. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan R&D (Reseach and Development) ) yang diadaptasi dari Borg dan Gall (1983) dengan tujuh langkah penelitian yaitu 1) survei pendahuluan, 2) pengumpulan data awal (analisis kebutuhan), 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi dan perbaikan desain, 6) uji coba terbatas, 7) revisi dan perbaikan desain. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan pengembangan perangkat evaluasi menurut persepsi guru, yaitu dibutuhkan perangkat yang dilatarbelakangi pada prinsip-prinsip pengembangan perangkat evaluasi teks eksplanasi yang dapat dikelompokkan menjadi tiga tujuan antara lain: 1) tujuan bahasa, 2) tujuan budaya, 3) dan 3) tujuan komunikasi. Ketiga tujuan ini kemudian menjadi dasar untuk membuat angket kebutuhan yang nantinya bisa dijadikan prinsip-prinsip pengembangan perangkat evaluasi. Tujuan bahasa mencakup delapan prinsip penilaian. Tujuan budaya dan tujuan komunikasi mencakup empat prinsip penilaian. (2) pengembangan perangkat evaluasi teks eksplanasi meliputi dua tahap, yaitu tahap pertama berupa paket soal yang terdiri atas pengetahuan, sikap, keterampilan. Tahap kedua setelah uji validitas dan reliabilitas berupa buku panduan yang terdiri atas empat bab, yaitu pendahuluan, konsep, prinsip, dan karakteristik perangkat evaluasi, panduan pengembangan perangkat evaluasi, dan perangkat evaluasi. (3) uji validitas dan reliabilitas perangkat evaluasi terdiri atas uji validitas dan reliabilitas soal pilihan ganda, soal menjodohkan, soal daftar cek, soal uraian, dan soal keterampilan. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan dua tahap, yaitu tahap pertama dan kedua. Pada tahap pertama diperoleh beberapa soal yang belum valid sehingga langkah yang dilakukan yaitu dengan menurunkan taraf kesukaran soal menjadi sedang atau mudah dan mengubah daya beda dari jelek menjadi baik sehingga pada tahap kedua bisa diperoleh kevalidan dan reliabilitas semua butir soal. Saran yang direkomendasikan adalah (1) bagi guru bahasa Indonesia hendaknya perlu menerapkan taksonomi Rebecca M. Valette dan pendekatan CLIL untuk meningkatkan kualitas hasil belajar teks eksplanasi di kelas VIII SMP juga sebagai alternatif pilihan dalam mengevaluasi hasil belajar peserta didik pada kelas yang berbeda sehingga guru akan terbiasa mengembangkan perangkat evaluasi, meningkatkan kreativitas guru, dan menciptakan kegiatan evaluasi pembelajaran yang kreatif dengan peserta didik. (2) bagi peneliti, hendaknya bisa melakukan penelitian lanjutan tentang pengembangan perangkat evaluasi dengan taksonomi Rebecca M. Valette dan pendekatan CLIL di semua jenjang baik SD, SMP, ataupun SMA. (3) bagi pengambil kebijakan, temuan penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai acuan dalam penyusunan perangkat evaluasi mata pelajaran bahasa Indonesia di semua jenjang baik SD, SMP, ataupun SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 01 Nov 2017 12:42
Last Modified: 01 Nov 2017 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27036

Actions (login required)

View Item View Item