Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Multikultural dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Model Think Talk Write Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas X


Shofiah, 0202515013 (2017) Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Multikultural dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition dan Model Think Talk Write Berdasarkan Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas X. Masters thesis, Pascasarjana.

[thumbnail of full.pdf]
Preview
PDF
Download (679kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran keterampilan menulis eksposisi perlu adanya penerapan model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran yang efektif tersebut, untuk mengemas pembelajaran menulis teks eksposisi menjadi hal yang mudah dan menarik bagi peserta didik. Tiap peserta didik memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Oleh karena itu guru perlu memperhatikan model pembelajaran dan tipe kepribadian. Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas X, (2) menjelaskan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dengan model Think Talk Write (TTW) berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas X, dan (3) menjelaskan interaksi pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan multikultural dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model Think Talk Write (TTW) berdasarkan tipe kepribadian peserta didik kelas X. Desain Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen faktorial. Populasi penelitian ini adalah kemampuan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural peserta didik kelas X Madrasah Aliyah pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks eksposisi bermuatan multikultural peserta didik kelas X MAN 1 Kudus dan kelas X MA Al- Irsyad Gajah Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah dua variabel bebas, satu variabel terikat, dan dua variabel perantara atau atribut. Variabel bebas pertama (X1) adalah model CIRC dari variabel bebas kedua (X2) adalah model TTW. Variabel terikat (Y1) adalah kemampuan peserta didik menulis teks eksposisi bermuatan multikultural. Variabel moderator dalam penelitian ini adalah tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert peserta didik kelas X. Teknik pengumpul data digunakan teknik tes, teknik angket dan teknik observasi. Uji coba intrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Uji persyaratan digunakan uji normalitas, uji homogenitas varian dan uji linearitas. Teknik analisis data digunakan uji deskriptif komparatif Hasil analisis data penelitian ini adalah (1) pembelajaran menulis teks eksposisi secara tertulis dengan model CIRC berdasarkan tipe kepribadian peserta didik efektif dilakukan pada kelas eksperimen 1. Sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata aspek keterampilan pada peserta didik bertipe kepribadian ekstrovert sebanyak 69,52 sedangkan setelah diberi perlakuan sebanyak 84,94. Peserta didik bertipe kepribadian introvert sebesar 69,56 sedangkan setelah diberi perlakuan sebesar 88,73. (2) pembelajaran menulis teks eksposisi secara tertulis dengan model TTW berdasarkan tipe kepribadian peserta didik efektif dilakukan pada kelas eksperimen 2. Pada aspek keterampilan peserta didik bertipe kepribadian ekstrovert sebelum diberi perlakuan nilai rata-rata sebesar 70,8 setelah diberi perlakuan sebesar 84,64. Bagi peserta didik bertipe kepribadian introvert nilai rata-rata sebelum diberi perlakuan sebanyak 66,54 sedangkan setelah diberi perlakuan sebanyak 83,73. (3) pembelajaran menulis teks eksposisi secara tertulis pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah menggunakan model CIRC lebih efektif dibanding dengan model TTW. Dilihat dari hasil output descriptive menunjukkan bahwa nilai rata-rata tertinggi pada kelas CIRC dengan tipe kepribadian introvert dan nilai tertinggi kelas TTW dengan tipe kepribadian ekstrovert. Nilai rata-rata keduanya yakni 88,73 > 84,64. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, saran yang dapat dikemukakan (1) pembelajaran menulis teks eksposisi secara tertulis dengan model CIRC, hendaknya guru lebih mengaktifkan peserta didik yang kurang aktif membaca dan menulis degan dipandu melalui model CIRC, agar peserta didik bisa lebih tanggung jawab atas tugas yang didapat, (2) pembelajaran menulis teks eksposisi secara tertulis dengan model TTW hendaknya guru lebih intensif memandu peserta didik yang merasa kesulitan dalam berbicara atau kurang percaya diri menyelesaikan masalah yang didiskusikan, (3) bagi guru yang ingin mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, demokratis, dan kritis dalam menyelesaikan masalah dapat menerapkan model CIRC. Sebaliknya, bagi guru yang ingin mengembangkan sikap kritis, demokratis, dan kreatif dalam menyelesaikan masalah dapat menerapkan model TTW.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 01 Nov 2017 12:36
Last Modified: 01 Nov 2017 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item View Item